Klaster Pertanian Permudah Pengajuan Kredit

Kamis, 31 Maret 2011 18:20 wib | Akrom Hazami - Koran SI

Klaster Pertanian Permudah Pengajuan Kredit Ilustrasi. Foto: Koran SI TEGAL - Sistem klaster pertanian yakni merancang hasil pertanian sekaligus pemasarannya dianggap bisa mempermudah pengajuan kredit pertanian. Pasalnya, melalui sistem ini akan tampak keseriusan petani sehingga perbankan mempermudah pengajuan kredit.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tegal Karwadi mengatakan adanya klaster hasil pertanian di wilayahnya yang sebagian besar telah berjalan sejak dua tahun lalu. Kini mulai dilirik oleh perbankan umum.

"Kami akan terus menseriusi sistem klaster ini sehingga pengjuan kredit bagi petani mudah," jelasnya di Tegal, Kamis (31/3/2011).

Sistem klaster tersebut berpeluang untuk berkembang bila mana petani yang bersangkutan berlaku profesional serta mendapat perhatian dari perbankan.

Dijelaskannya, masih minimnya perhatian perbankan terhadap pemberian kredit pertanian disebakan masih adanya bank yang masih ragu terhadap keseriusan petani dalam mengajukan kredit. Hal itu tentunya juga dilatarbelakangi oleh masih banyaknya petani nakal, yang mengambil kredit namun tidak membayar ataupun membayar tapi tidak sesuai tempo.

"Pembentukan klaster merupakan salah satu bentuk keseriusan petani, sehingga perbankan dengan sendirinya akan memberikan kreditnya," pungkasnya. (Akrom Hazami/Koran SI/ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »