Dubes RI untuk Amerika Kunjungi Pabrik TOP 1 di Amerika

|

(foto: Top 1)

Dubes RI untuk Amerika Kunjungi Pabrik TOP 1 di Amerika
Atas undangan Joseph M Ryan yang telah bertemu pada dua kesempatan sebelumnya. Akhirnya Duta Besar Republik Indonesia sebagai wakil pemerintah RI yang meraih gelar Doktor bidang hubungan internasional di London School for Economic and Political Science (Inggris), Dino Patti Djalal berkunjung, ke pabrik TOP 1 di kawasan Los Angeles–California pada tanggal 29 Maret 2011 lalu.
 
Perjalanan ke pabrik TOP 1 ini melanjutkan agenda perjalanan keliling yang diawali dari USC (University of Southern California) untuk menghadiri Konferensi APBO (Asia Pacific Business Outlook) sebagai salah satu pembicara utama. 
 
Konferensi APBO termasuk konferensi penting mengenai perdagangan di wilayah Asia Pacific yang dihadiri oleh puluhan tokoh-tokoh terkemuka dari seluruh penjuru dunia, seperti: Gary Locke – Dubes Amerika untuk China, Steve Arnold – International Sales Manager FedEx, Tiffany Hughes – Director of Wells Fargo Bank, Dinesh Keskar – President of Boeing India, Kim Young Sang – General Manager of Korean Air, Werapong Siriwon – Director of Thailand Board of Investment, Mayumi Teramura – Director of Global Production Planning Toyota. Joseph Ryan juga hadir dalam Konferensi APBO sebagai salah satu pembicara.
 
Di balik penampilan keseharian yang sederhana dan dikenal “akrab” dengan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ini sangat antusias mengikuti ‘tour’ keliling pabrik di kawasan Pico Rivera – California dan secara teliti mencermati, setiap langkah produksi pelumas TOP 1.
 
Stephen F Milam (President TOP 1 Manufacturing Division) mengakui bahwa Duta Besar RI ini sangat cepat dalam menangkap penjelasan mengenai produksi pelumas, walaupun hal ini merupakan bidang yang baru baginya “Keingintahuannya yang tinggi membuat langkahnya sering terhenti, untuk sekedar mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan jawaban yang lebih detail pada setiap proses produksi yang berjalan di pabrik TOP 1 ini” ujar Stephen Milam.
 
Menariknya, Joseph Ryan sangat terkesan dengan pribadi Dino yang sangat ramah dan luwes.


Terlebih setelah mendengar pidato beliau pada event APBO, yang diselingi oleh humor namun sangat bermakna.
 
Mengenai krisis financial yang dialami Amerika, Duta Besar yang pernah menjabat sebagai juru bicara presiden bidang luar negeri ini berpendapat bahwa Amerika harus bisa bangkit dari keterpurukan krisis financial. Abad ke-21 adalah abad kebangkitan negara-negara Asia, dan jika Amerika dapat bekerja sama dengan negara-negara Asia sebagai partner yang sejajar, hasilnya akan menguntungkan kedua belah pihak.
 
“Bapak Dubes adalah contoh teladan negarawan yang peduli akan bangsanya. Saya kagum semangat dan kerja kerasnya, beliau mulai bekerja mencuci piring di Kedutaan Indonesia saat beliau masih sekolah dan sekarang telah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika. Saya yakin kerja kerasnya akan membawa dampak positif bagi Indonesia.” ujar Joseph Ryan. 
 
“Di sela-sela jadwalnya yang amat padat, beliau rela menyempatkan waktu mengunjungi Pabrik TOP 1, sungguh merupakan kehormatan bagi kami semua dapat berjumpa dan bertukar pikiran dengan Pak Dubes.” sambungnya.
 
Di hari yang sama setelah kunjungan Pabrik TOP 1, pria kelahiran Beograd, 10 September 1965 ini berkunjung ke kantor klub sepakbola “LA Galaxy”, tempat di mana pemain bola beken David Beckham merumput. Ia mengaku sedang mengusahakan pertandingan persahabatan antara kesebelasan LA Galaxy dan Tim Nasional Indonesia. Wow ,semoga dapat teralisasi ya Pak pertandingannya!. (ipg-marcomTop1)
(uky)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Motor Satria Bergaya MotoGP Akan Dijual