Nasional Republik Akan Sama Seperti PKPB

|

Tommy Soeharto (Foto: Getty Images)

Nasional Republik Akan Sama Seperti PKPB
JAKARTA - Partai Nasional Republik sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Seberapa besar peluang partai yang dibentuk oleh Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto itu?
 
Nasional Republik diperkirakan tidak akan terlalu mencolok di Pemilu 2014. Nasibnya pun bakal sama dengan Partai Karya Peduli Bangsa yang dibentuk pada 2002 oleh Siti Hardiyanti Hastuti Indra Rukmana, kakak Tommy.
 
“Itu hanya partai desimal kalau suaranya hanya 0,00, kan tidak pernah terdengar dan hanya mengandalkan satu orang,” ucap pengamat politik LIPI Siti Zuhro, ketika berbincang dengan okezone, Selasa (26/4/2011).
 
Di Indonesia, lanjut dia, memang sedang dibangun sistem multipartai sederhana yang bisa mendukung sistem presidensil. Namun seharusnya partai yang muncul adalah partai politik yang bukan karbitan dan punya basis politik yang jelas.
 
Bagaimana peluangnya di 2014?
 
“Ini hanya kamuflase. (Golkar) tidak akan khawatir karena partai ini juga kan tidak berkeringat. Pada 2009 kan juga sudah banyak partai desimal, tapi kita tidak belajar dari pengalaman,” tutupnya.
 
Kemarin, Direktur Tata Negara Kemenkum HAM Asyari Syihabuddin mengatakan, kementerian telah menerima pendaftaran tiga partai yang berniat ikut dalam Pemilu 2014 mendatang. Ketiganya adalah Partai Nasional Demokrat, Partai Nasional Republik, dan Partai Persatuan Nasional.
 
Diketahui, PKPB mendeklarasikan Mbak Tutut sebagai calon presiden. Namun niat mengusung Mbak Tutut akhirnya urung dilaksanakan setelah pada hasil Pemilu 2004, PKPB yang bernomor urut 14 hanya memperoleh 2,11% suara secara nasional dan dua kursi di DPR.
(lam)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Usik Kedaulatan, Jokowi Harus Tegas Terhadap Malaysia