FITRA: Marzuki Alie Tak Pantas Jadi Teladan

|

Marzuki Alie (Foto: Koran Sindo)

FITRA: Marzuki Alie Tak Pantas Jadi Teladan

JAKARTA - Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menganggap Ketua DPR Marzuki Alie tidak pantas menjadi teladan dalam posisinya sebagai Ketua DPR di parlemen Senayan.

 

Aksi pelesiran ke Irak pada Minggu membuat dirinya sama saja dengan wakil rakyat lainnya yang menghambur-hamburkan uang rakyat.

 

“Dia (Marzuki Alie) pernah mengimbau kepada anggota DPR jangan ke luar negeri. Dan sebagai Ketua DPR, dia hanya bisa mengimbau, dan tidak punya kewenangan untuk melarang mereka untuk melakukan kunjungan ke luar negeri. Dan saat ini, sudah terjawab apa arti dari himbauan ketua DPR ini kepada anggota DPR lain,” kata Koordinator Advokasi dan Investigasi Fitra Uchok Sky Khadafi dalam siaran pers yang diterima okezone, Minggu (1/5/2011) malam.

 

Uchok menambahkan, imbauan Marzuki tersebut hanyalah sebagai pemanis bibir semata untuk menarik simpatik publik kepada Ketua DPR, agar hasrat terselubungnya tidak diketahui publik yang ingin juga melakukan kunjungan pelesiran ke luar negeri.

 

“Kemudian, kalau Ketua DPR ingin mengimbau anggota DPR lain jangan ke luar negeri, sebaiknya lebih dulu mengimbau diri sendiri bahwa diri sebagai Ketua DPR konsisten tidak keluar negeri agar himbauan Ketua DPR Marzuki Alie dipatuhi dan diteladani oleh anggota DPR lain,” tandasnya.

 

Sebelumnya, Fitra merilis perjalanan Ketua DPR Marzuki Ali ke Irak dinilai sebagai pemborosan. Biaya yang dihabiskan dalam pelesirannya itu tak tanggung-tanggung, mencapai Rp618 juta. Selain itu Fitra mencatat pada bulan April lalu alokasi anggaran pelesiran DPR sebesar Rp12 miliar, untuk keberangkatan pelesiran para anggota Komisi I, Komisi VIII, Komisi X, dan BURT ke 8 negara dengan frekuensi 11 kali kunjungan.

(lam)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pangeran Samudra dan Asal Mula Nama Gunung Kemukus