Ini Cara Daftar Beasiswa Bidik Misi

Image: corbis.com

Ini Cara Daftar Beasiswa Bidik Misi
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menyediakan 20 ribu beasiswa Bidik Misi bagi para siswa tidak mampu yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Kamu bisa mendaftar ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan melamar untuk memperoleh bantuan biaya pendidikan melalui Program Bidik Misi tersebut. Simak cara pendaftarannya.

- Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://bidikmisi.go.id/pendaftaran. Tahap ini akan menyeleksi para pendaftar ke dalam dua kriteria. Pertama, pendaftar memenuhi syarat sebagai calon penerima beasiswa Bidik Misi dan memperoleh bantuan biaya pendaftaran SNMPTN jalur ujian tertulis/keterampilan; dan kedua, kamu memenuhi syarat sebagai calon penerima beasiswa Program Bidik Misi, tetapi harus membayar sendiri biaya pendaftaran SNMPTN jalur ujian tertulis/keterampilan.

- Jika kamu masuk pada kategori pertama, yakni memenuhi syarat sebagai calon penerima beasiswa Bidik Misi dan bantuan biaya pendaftaran SNMPTN, maka kamu akan memperoleh Nomor ID dan PIN SNMPTN melalui laman http://bidikmisi.go.id/pendaftaran untuk melakukan pendaftaran online SNMPTN jalur ujian tertulis/keterampilan secara gratis.

- Jika kamu memenuhi syarat sebagai calon penerima beasiswa Program Bidik Misi, tetapi ditetapkan harus membayar sendiri biaya pendaftaran SNMPTN jalur ujian
tertulis/keterampilan, kamu juga akan memperoleh Nomor ID melalui laman http://bidikmisi.go.id/pendaftaran yang harus digunakan pada saat melakukan pembayaran biaya pendaftaran ujian SNMPTN jalur ujian tertulis/keterampilan.

Nomor ID dan PIN dari proses pendaftaran beasiswa Bidik Misi tersebutlah yang harus kamu gunakan ketika mendaftar ujian tulis/keterampilan SNMPTN. Prosedur berikutnya sama dengan tata cara pendaftaran ujian tulis/keterampilan SNMPTN.

Pendaftaran Bidik Misi dibuka pada 2 Mei 2011 pukul 12.00 sampai dengan 23 Mei 2011 pukul 18.00. Kamu yang telah mendaftar Bidik Misi melalui SNMPTN Undangan dan Seleksi Mandiri namun ternyata tidak diterima, diperkenankan mendaftar Bidik Misi untuk SNMPTN Ujian Tulis hanya setelah 19 Mei 2011 pukul 12.00.

Ingat ya! Kamu harus memastikan terlebih dahulu perguruan tinggi yang kamu tuju membuka kesempatan seleksi Bidik Misi melalui SNMPTN ujian tulis/keterampilan. Cari tahu juga tentang persyaratan dan prosedur yang ditetapkan masing masing PT. (rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menlu AS Jelaskan Status Palestina-Israel