Hebat, Orang Gila Sembuh dengan Limbah Air Wudhu

Senin, 09 Mei 2011 20:03 wib | Alham M Ubey - SUN TV

Ilustrasi (Foto: Getty Image) Ilustrasi (Foto: Getty Image) BOJONEGORO- Semakin banyak orang yang mengalami gangguan jiwa ditemui telantar di jalan. Mereka terus bergerak ke mana kaki melangkah.

Kemiskian dan keterbatasan biaya untuk pengobatan terkadang menjadi alasan keluarga melepaskan mereka di jalan hingga hidup jauh dari kesan layak. Sehingga seringkali mereka terjaring razia lalu dibuang keluar daerah dengan alasan mengganggu pemandangan kota.

Kondisi ini menggugah Pondok Pesantren Al Asy’ari, Ceweng, Bojonegoro, Jawa Timur, untuk mengasuh penderita gangguan jiwa. Belasan orang gila dirawat layaknya manusia normal.

Kini sudah 16 penderita gangguan jiwa yang diasuh di ponpes yang terletak Kecamatan Dander ini. Mereka menjalani terapi penyembuhan.

Salah satu cara terapi, para penderita diwajibkan mandi dengan air limbah wudhu para santri. “Setiap hari tiga kali terapi mandi air limbah wudhu para santri,” ungkap Malik, salah seorang pengajar Ponpes Al Asy’ari.

Sementara itu Achmad Chirul Anam, Pengasuh Ponpes Al Asy’ari mengungkapkan pengobatan gratis bagi penderita gangguan jiwa, merupakan usaha untuk menolong sesama yang selama ini luput dari perhatian pemerintah.

Choir, panggilan akrab Ahmad Chairul Anam, mengklaim telah berhasil menyembuhkan sejumlah penderita gangguan jiwa. Mereka kini sudah pulang ke rumah keluarga masing-masing.

Belasan orang gila tersebut mendapat asuhan tiga ustaz atau pengajar tanpa ada pungutan biaya. Penderita mayoritas anak dari keluarga tidak mampu.

Dia menegaskan, meski sudah terkatung-katung di jalan, mereka juga berhak untuk diperhatikan layaknya orang normal. Mereka juga memiliki hak untuk tempat yang layak.
(Alham M Ubey/SUN TV/ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

 
Berita
Terpopuler
Komentar Terbanyak
BACA JUGA »