Setahun Tragedi Mavi Marmara Diperingati di Jakarta

Selasa, 31 Mei 2011 14:40 wib | Fahmi Firdaus - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Satu tahun lalu tepatnya tanggal 31 Mei 2011, sembilan orang tewas akibat serangan tentara Israel ke Kapal Mavi Marmara yang sedang menuju Jalur Gaza, Palestina untuk melakukan misi kemanusian.

Para relawan Mer-C dan korban kebiadaban zionis Israel  yang sempat ditahan memperingati peristiwa tersebut di Markas Mer-C, Jalan Kramat Lontar, Jakarta Pusat. Salah satu korban Mavi Marmara yang juga seorang jurnalis televisi, M Yasin membuka  kembali ingatannya tentang tragedi tersebut.
 
"Saya dijemur dari jam 06.00 sampai jam 12.00 di atas kapal, tidak dikasih makan, hanya dikasih minum,” ujarnya kepada okezone, di Jakarta, Selasa (31/5/2011).
 
Menurut Yasin, perlakuan pasukan Israel terhadap relawan kemanusiaan sangat biadab. Mereka melakukan penyerangan pada saat subuh. “Kamera dan peralatan elektronik  saya diambil oleh pasukan Israel, selain saya relawan lainnya juga diambil ” ujarnya.
 
Selain Yasin, korban dan pengacara dari Tim Pembela Muslim Mahendradata juga hadir di kantor Mer-C. Seperti diketahui, puluhan pasukan zionis Israel menyerang kapal Mavi Marmara satu tahun silam. Sembilan warga negara Turki tewas dalam  serangan mematikan tersebut.
 
Para relawan Mer-C yang sempat ditahan oleh militer Israel juga menduga mereka diracuni melalui makanan yang dikonsumsinya. Hal itu terasa dari kondisi fisik mereka sejak pulang ke Tanah Air.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »