Menkes Pastikan Dora Akan Dibiayai Jamkesmas

|

Dora, pengidap penyakit aneh (Foto: Rus Akbar)

Menkes Pastikan Dora Akan Dibiayai Jamkesmas

JAKARTA - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih memastikan bahwa biaya pengobatan Dora Indrayanti Trimurni, penderita penyakit keringat darah akan ditanggung jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas).

“Saya mendapat laporan bahwa yang bersangkutan tidak mampu. Tentu saja akan dibantu dengan Jamkesmas,” kata Menkes di kantornya, Jumat (10/6/2011).

Namun, kata dia, setelah diketahui secara pasti apa penyakit dan obat yang harus ditransafusikan kepada Dora, pengobatan sebaiknya dilakukan di Padang, daerah asal Dora dengan alasan agar yang bersangkutan tetap bisa menjalankan aktivitas kuliahnya.

“Kita kembalikan ke daerah sehingga yang bersangkutan tetap bisa bekerja dan kuliah di daerah asalnya. Kita lihat soalnya di padang ahli hematologi juga sudah ada, yang sulit adalah mendiagnosis apa yang harus ditransfusikan cepat ke dia,” jelasnya.

Mengenai jenis penyakit yang diderita Dora, Menkes mengaku, penyakit ini kemungkinan karena adanya kelainan trombosit. Namun bagian trombosit mana yang terdapat kelainan, lanjut Menkes, hal tersebut yang akan dicari tahu dan pemerintah siap membantu menyembuhkan penyakit aneh Dora ini.

“Tidak hanya sampai sembuh, mungkin untuk penyakit seperti ini bisa terus di-maintanance seperti (penyakit) lupus, hemophilia, keliatannya seperti begitu. Artinya pasien seperti ini harus secara berkala menerima transfusi. Transfusinya mungkin tidak full blood karena faktor tertentu,” ujarnya.

(ded)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    MNC Tegaskan Sebagai Pemilik Sah MNCTV