Para Penambang Masih Serbu Tambang Emas di Sungai Logawa

Penambang emas dari Tasikmalaya mengayak pasir yang diduga emas di Sungai Logawa. (Foto: Saladin Ayyubi/SUNTV)

Para Penambang Masih Serbu Tambang Emas di Sungai Logawa
BANYUMAS - Meski sudah dinyatakan secara resmi oleh Pemda Banyumas, jika ribuan butiran-butiran yang diduga emas di Sungai Logawa Banyumas Jawa Tengah adalah bukan emas, namun puluhan penambang emas dari Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, masih saja mendatangi lokasi.

Sejumlah penambang emas dari Tasikmalaya yang ikut mencoba mengadu nasib dengan mendatangi lokasi ditemukannya penambangan emas di Sungai Logawa, Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, akhirnya harus kecewa. Setelah dilakukan penambangan dan menemukan butiran-butiran yang diduga emas, mereka baru percaya jika benda tersebut bukanlah emas.

"Saya sudah membuktikan sendiri kalau ini bukan emas, secara kasat mata warnanya sudah terlihat," ujar Mumud (60), penambang emas Tasikmalaya.

Para penambang emas asal Tasikmalaya ini datang ke lokasi karena penasaran setelah mendengar kabar ditemukannya tambang emas baru di Banyumas. Sementara petugas Dinas Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Tasikmalaya yang ikut ke lokasi juga menyatakan jika butiran-butiran tersebut bukanlah emas.

"Ini jelas-jelas bukan emas, kami sengaja datang dengan penambang dari Tasikmalaya agar mereka percaya. Soalnya di daerah kami adalah sentra para penambang sehingga mereka penasaran," ujar Edi Kusnandi, Pegawai Dinas ESDM Tasikmalaya, Minggu (26/6/2011).

Meski mengaku kecewa, namun para penambang emas ini sudah tidak penasaran lagi karena sudah membuktikan sendiri. Sedangkan di lokasi tersebut, pihak Pemerintah Banyumas telah memasang papan larangan bagi warga untuk menambang. (hri)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Putri Jokowi Terlambat Tes CPNS