Wanda Hamidah: Saya Bukan Politikus Karbitan

Senin, 18 Juli 2011 13:57 wib | TB Ardi Januar - Okezone

Wanda Hamidah: Saya Bukan Politikus Karbitan Dokumentasi Okezone FIGUR berlatar belakang artis yang merambah ke dunia politik bukanlah hal baru di Negeri ini. Lihat saja, sejumlah artis berhasil menduduki jabatan politik seperti wakil gubernur, wakil bupati, dan anggota DPR. Fenomena seperti ini mulai ramai pada tahun 2004 silam.
 
Namun. dari sederet nama artis yang hijrah ke politik, ada satu nama yang terbilang beda. Dikatakan beda karena orang satu ini berkarir di partai politik mulai dari bawah sebagai kader biasa hingga akhirnya menjadi pejabat teras dewan pengurus pusat. Dialah Wanda Hamidah.
 
Ya, Wanda bukanlah politikus karbitan. Dia memutuskan menjadi seorang politikus dan meninggalkan dunia entertain sejak badai reformasi menerjang Indonesia, tepatnya tahun 1998. Kala itu, ribuan orang di Jakarta turun ke jalan dan menuntut Soeharto lengser. Saat itu pula, Wanda menjadi salah satu massa aksi.
 
“Setelah rezim orde baru ditumbangkan, maka konsekuensi logisnya saya harus mesuk partai politik. Saya tidak mau masuk ke tiga parpol orde baru (PPP, Golkar, PDI), karena itu saya memilih bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN),” kata Wanda saat berbagi kisah kepada okezone di kantornya di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, belum lama ini.
 
Menjadi seorang model dan politikus bukanlah cita-cita Wanda. Wanita kelahiran Jakarta 21 September 1977 ini sebetulnya ingin menjadi seorang diplomat. Karena itu, Wanda konsen mengambil jurusan hukum saat kuliah di Universitas Trisakti. Namun, dianugerahi paras yang cantik membuat Wanda kerap mendapatkan orderan menjadi model. Sedangkan untuk politik, Wanda mengaku mulai jatuh cinta saat dirinya aktif berorganisasi di kampus.
 
Seiring waktu berjalan, karir politik Wanda Hamidah pun terus meningkat. Hingga akhirnya, pada pemilu 2009 lalu mantan presenter berita ini memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi Anggota DPRD DKI Jakarta. Keputusan ini terbilang aneh, sebab disaat sejumlah artis lain membidik kursi di Senayan, Wanda justru lebih memilih bertarung di tingkat lokal. Padahal, Wanda terbilang matang dalam berpolitik dan kualitas mumpuni. Apakah Wanda takut bertarung di tingkat nasional?
 
“Saya bukan politikus karbitan. Untuk menjadi caleg saja saya harus menunggu 10 tahun. Saya memilih menjadi Anggota DPRD DKI Jakarta karena saya ingin berkontribusi kepada kota kelahiran saya. Saya tak mau memanfaatkan situasi politik yang setiap ada kesempatan saya hajar,” tandas Wanda yang kini menjadi Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta ini.
 
Kini, istri dari Cyril Raoul Hakim ini digadang PAN untuk menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Pemilukada 2012 mendatang. Keputusan PAN ini terbilang realistis, sebab perolehan suara PAN di Jakarta terbilang sedikit dibanding parpol lain. Bahkan, di DPRD DKI saja PAN harus bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menjadi satu fraksi.
 
”Pak Ketua Umum (Hatta Rajasa) memang meminta saya untuk maju dalam Pemilukada DKI, tapi semua harus menunggu keputusan DPP dahulu. Insya Allah saya siap. Saya merasa bisa mengimbangi calon lain. Track record saya belum terkalahkan di bidang kejujuran, saya juga belum pernah berurusan dengan hukum dan tidak cacat HAM,” tegasnya.
 
Di mata Wanda, sebagai ibu kota negara Jakarta kurang mendapat sorotan dari masyarakat. Sebab, banyak persoalan di DKI yang tidak menjadi perbincangan publik. Wanda menduga, publik lebih suka dengan isu-isu nasional ketimbang lokal Jakarta. Padahal, kata dia, Jakarta menyimpan segudang persoalan yang selama ini luput dari perhatian masyarakat.
 
“KPK dan ICW itu adanya di Jakarta, tapi mereka jarang menyoroti Pemda DKI. Padahal Jakarta menyimpan banyak masalah dari berbagai persoalan. Di DPRD DKI Jakrta saja ada komisi yang tidak pernah rapat selama berbulan-bulan. Jarangnya Pemda DKI disorot akan membuat lembaga ini semakin tidak transparan dan berakibat terjadi penyelewengan,” pungkas wanita yang juga aktif di Komnas Perlindungan Anak ini.
 
Biodata Wanda Hamidah
 
Nama Lengkap : Wanda Hamidah
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 21 September 1977
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Status : Menikah
Nama Suami : Cyril Raoul Hakim
Nama Anak : Shalima, Alfath dan Rashad Hakim
 
Pendidikan
SMA Negeri 3 Jakarta
Fakultas Hukum Universitas Trisakti
Magister Kenotariatan Universitas Indonesia
 
Profesi
2009 – 2014 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta
Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (2009 – 2010)
Anggota Komisi E Bidang Kesejahteraan Masyarakat
Sekretaris Badan Anggaran (2009 – 2010)
 
Pekerjaan
2006 – 2009 Kantor Notaris Wanda Hamidah SH.,MKn Bogor
2005 – 2006 Direktur INDO~PR, Public Relations Jakarta
2005 – 2006 Owner AOZORA Sushi Lounge Jakarta
2000 - 2002 Penyiar MetroTV
 
(teb)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »