Surono Nilai Status Gunung Lokon Sulit Diprediksi

Kepala PVMBG Surono (Foto: Supardi Bado/okezone)

Surono Nilai Status Gunung Lokon Sulit Diprediksi
TOMOHON- Perkembangan status Gunung Lokon, Sulawesi Utara, yang masih aktif hingga hari ini, masih sulit diprediksi. Hingga sore ini, asap putih tebal setinggi 1.000 meter masih menyelimuti puncak kawah.

Dari catatan seismograf pos pengamatan Gunung Lokon di Kelurahan Kakaskasen, Rabu (20/7/2011), gempa tremor masih terus terjadi dengan amplitudo 0,4 sampai 10 milimeter.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan, hingga kini masih terjadi gempa tremor dari perut Gunung Lokon. Karakter Gunung Lokon sering berubah drastis sehingga sulit diprediksi kapan akan erupsi.

Surono mengimbau warga yang berada di pengungsian untuk tidak kembali ke rumah. Terkait masih adanya peningkatan tremor Gunung Lokon, pemerintah melalui Tim SAR, Kepolisian, dan TNI hari ini kembali menyisir tiga kelurahan yang berada di kaki gunung.

Warga yang masih menetap di rumah dan lokasi galian pasir Kelurahan Kinilow, dipaksa untuk tidak menetap di rumah dan segera mengungsi. Warga diimbau untuk bersabar hingga Gunung Lokon dinyatakan aman bagi warga. (kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Motif Bunuh Diri Kades dan Keluarga Mulai Terkuak