Partai NasDem Seharusnya Ganti Nama

|

Pawai budaya Partai NasDem. (Foto: okezone)

Partai NasDem Seharusnya Ganti Nama

JAKARTA- Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Organisasi Kemasyarakatan Nasional Demokrat (Nasdem) sangat mirip. Kesamaan lambang dan nama sering diidentikkan keduanya sama-sama bentukan Surya Paloh.

 

Untuk membedakkan keduanya secara jelas, Ketua Organisasi dan Keanggotaan Ormas Nasdem Ferry Mursyidan Baldan mengatakan sudah seharusnya Partai NasDem berganti nama dan lambang. Pasalnya Nama Nasdem sudah terdaftar lebih dulu sebagai ormas.

“Dalam kategori lambang itu kan ada di undang-undang jelas bahwa lambang, nama itu tidak boleh sama. Kan enggak bisa dia (Partai NasDem) mengambil singkatan dari Nasional Demokrat karena sudah dipakai ormas, maka dia harus cari nama lain. Itu sebetulnya,” ujar Ferry kepada okezone di Jakarta, Sabtu (30/7/2011).

Dia melanjutkan ormas Nasdem tidak perlu mendesak pergantian nama partai karena sudah diatur dalam UU. Saat ini, yang terdaftar lebih dulu menggunakan nama Nasional Demokrat adalah ormas.

“Yang terdaftar kan ormas Nasional Demokrat kita tidak menyingkat memang. Makanya dia berpikir Nasdem tidak boleh dipanjangkan Nasional Demokrat karena Nasional Demokrat sudah terdaftar sebagai ormas, mungkin cari singkatan apa yang lain,” ungkapnya.

Partai NasDem dan Ormas Nasdem sangat identik. Nama dan lambang pun sekilas tidak banyak berbeda. Ketua Umum Ormas Nasdem berkali-kali menegaskan jika keduanya adalah berbeda.

Terakhir, pada saat mendaftar sebagai kontestan pemilu 2014 di Kementerian Hukum dan HAM Partai NasDem mengaku akan mencari singkatan lain sebagai jalan keluar.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jakarta Diprediksi Diguyur Hujan Siang Ini