GBS, Penyakit Mematikan yang Diawali Kesemutan

|

Shafa Azalia (Foto: Fahmi Firdaus/okezone)

GBS, Penyakit Mematikan yang Diawali Kesemutan

JAKARTA - Penyebab penyakit mematikan Guillain Barre Syndrome (GBS) belum diketahui. Kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, gejala awal penyakit ini adalah kesemutan.

 

“Upaya kita untuk mensosialisasikan ke dokter-dokter tentang penyakit ini. Ini sebenarnya cukup khas, dinilai dengan kesemutan-kesemutan di tangan dan kaki, lambat laun naik ke badan,” kata Endang usai menjenguk Shafa, seorang penderita GBS, di RS St Carolus, Jakarta, Senin (1/8/2011).

 

Dia mengatakan, gejala kesemutan tersebut sangat berbahaya jika kena sampai ke otot-otot pernafasan.

 

“Sehingga harus di bantu ventilator. Obatnya diberikan lima hari saja. Selanjutnya tubuhnya yang akan mengatasi penyakit ini,” paparnya.

 

Menurutnya, penyakit ini seperti lupus yang menghantam kekebalan tubuh manusia. “Ini penyakit autoimmune. Artinya kekebalan orang tersebut menghantam tubuhnya sendiri. 60 persen tidak diketahui penyebabnya. Sisanya kemungkinan didahului infeksi virus, dan antibody terbentuk,” paparnya.

 

Shafa Azalia (4), sudah sekira satu tahun hidup dengan bantuan ventilator dan obat-obatan karena terserang GBS. Shafa kini harus terbaring lemah di ICU Rumah Sakit St Carolus, Jakarta Pusat, dengan alat-alat Bantu pengobatan yang menempel di tubuhnya.

(lam)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penahanan Pem-bully Jokowi Bisa Ditangguhkan