Kesalahan yang Biasa Terjadi Saat Wawancara Kerja

|

Ilustrasi : Corbis

Kesalahan yang Biasa Terjadi Saat Wawancara Kerja

WASHINGTON – Sebuah survei terbaru yang dilansir Forbes menunjukkan, sebanyak 38 persen pelamar kerja yang diwawancara hanya sedikit bahakan tidak memiliki pengetahuan mengenai perusahaan yang mereka lamar. Hal ini diungkapkan para manajer senior di Amerika yang mewawancarai pencari kerja.  

Survei yang dilakukan firma riset independen ini menjabarkan kesalahan yang biasa dilakukan pencari kerja saat wawancara kerja. Survei melalui telepon ini dilakukan pada 1.000 manajer senior di perusahaan yang memiliki 20 atau lebih karyawan. Demikian seperti dikutip dari Forbes, Jumat (5/8/2011).

 

Sebanyak 20 persen manajer menyatakan, kesalahan yang paling sering dilakukan pelamar kerja adalah tidak siap membahas keterampilan dan pengalamannya. Sementara 14 persen manajer menyebutkan, para pencari kerja tidak siap bila ditanya rencana dan tujuan kariernya.

 

Selama wawancara, kontak mata dinilai sangat penting. Sebanyak 10 persen manajer mengungkapkan, pencari kerja kurang melakukan kontak mata saat wawancara. Datang tepat waktu juga sangat penting saat wawancara kerja. Pasalnya sebanyak sembilan  persen manajer menyatakan kesalahan umum yang dilakukan pencari kerja adalah datang terlambat. Sebanyak sembilan persen manajer menyatakan kesalahan yang biasa terjadi adalah pencari kerja kurang menunjukkan antusiasmenya.

 

Disarankan, sebelum melakukan wawancara kerja, pelamar sebaiknya mencari tahun melalui situs perusahaan. Cara lainnya adalah melakukan pencarian menyeluruh melalui Google News. Jika kamu melamar ke perusahaan yang go public, kamu bisa mencari di Yahoo Finance mengenai data dan kegiatan perdagangan terbaru perusahaan tersebut.

Atau jika ingin mengenal lebih jauh, kamu bisa menggunakan layanan situs LinkedIn. Masukkan nama perusahaan tempat kamu melakukan wawancara, dan akan terlihat koneksi kamu yang bekerja di perusahaan tersebut atau seseorang yang mengetahuinya. Kemudian, tanyakan kepada koneksi kamu melalui surat elektronik apakah bisa bertanya mengenai perusahaan tersebut.

 

Selamat menjalani wawancara kerja!

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Lift Mall Putus, Tiga Pengunjung Luka