Harvard Tak Lagi Kampus Terbaik di Amerika Serikat

Foto: Williams College/Wikimedia

Harvard Tak Lagi Kampus Terbaik di Amerika Serikat
WASHINGTON Universitas Harvard tidak lagi menjadi kampus terbaik di Amerika. Posisi nomor satu itu diduduki oleh William College.  
Demikian daftar kampus terbaik di Amerika Serikat untuk meraih gelar sarjana versi majalah bisnis terkemuka, Forbes. Daftar ini mengurutkan 650 lembaga pendidikan setingkat sarjana.
 
Dalam menyusun peringkatnya, Forbes berfokus pada hal-hal yang penting untuk siswa, yaitu kualitas pengajaran, prospek karier yang bagus, tingkat kelulusan, dan tingkat utang. Tidak seperti daftar peringkat lainnya, Forbes mengabaikan “reputasi” kampus.
 
Forbes menempatkan dirinya sebagai seorang konsumen. Pertanyaan dasarnya adalah apakah bermanfaat jika kuliah hingga seperempat juta dolar atau setara dengan Rp2 miliar lebih untuk meraih gelar sarjana?
 
Pemeringkatan ini diolah oleh Pusat Kekuatan dan Produktivitas College di Washington DC yang merupakan lembaga think tank bentukan ekonom Universitas Ohio, Richard Vedder.
 
Terdapat lima kategori umum untuk pemeringkatan ini, yaitu keberhasilan lulusannya, di mana dilakukan evaluasi atas gaji yang diterima dan keunggulan alumni sebesar 30 persen. Kemudian, kepuasan mahasiswa yang meliputi penilaian dari profesor dan tingkat kebetahan mahasiswa baru dan tingkat dua, dengan komposisi penilaian sebesar 27,5 persen.
 
Selain itu, Forbes juga mempertimbangkan utang di mana penilaiannya berupa hukuman yang diberikan kampus kepada mahasiswa yang memiliki utang tinggi (17,5 persen), jumlah mahasiswa yang lulus dalam empat tahun (17,5 persen), dan penghargaan yang kompetitif, yaitu penilaian kepada kampus yang meraih beasiswa bergengsi seperti Rhodes, Marshall, dan Fulbright (7,5 persen). Demikian seperti dikutip dari Forbes, Jumat (5/8/2011).
 
Di peringkat pertama, Forbes menempatkan Williams College. Kampus kecil yang berada di negara bagian Massachusetts ini dinobatkan sebagai lembaga terbaik untuk meraih gelar sarjana di Amerika. Sekolah seni liberal ini memungut biaya kuliah hingga USD55 ribu atau setara dengan Rp466 juta lebih (Rp8.487 per USD) per tahun.
 
Dengan biaya kuliah yang tidak murah, angka kelulusan untuk masa kuliah empat tahun di kampus ini termasuk yang tertinggi di negeri Paman Sam. Selain itu, kampus ini memenangkan banyak beasiswa nasional bergengsi, seperti Rhodes dan Marshall. Tidak hanya itu, lulusannya kerap ‘diganjar’ dengan gaji tinggi.
 
Di tempat kedua, ditempati Universitas Princeton. Yang istimewa, siswa di kampus yang terletak di negara bagian New Jersey ini tidak ada yang berutang. Ini berkat program paling dermawan dari bantuan keuangan yang ada di Amerika.
 
Karena penekanan Forbes pada keuangan, kampus militer yang tidak membebankan biaya kuliah, berada di peringkat tiga. Dua tahun lalu, West Point US Militer Academy ada di peringkat teratas. Meski turun, West Point layak dipertimbangkan karena kegiatan kuliahnya yang mengesankan (ada di peringkat 3) dan gaji lulusannya yang tinggi (ada di peringkat 8).
 
Sementara itu, perguruan tinggi negeri yang berada di peringkat tertinggi adalah University of Virginia (peringkat 46) diikuti oleh College of William dan Mary (di peringkat 49) dan UCLA (peringkat 55).
 
Berikut daftar 10 kampus terbaik di Amerika Serikat (negeri dan swasta) versi Forbes:
 
1. Williams College. Sekolah seni liberal ini memungut biaya kuliah hingga USD55 ribu atau setara dengan Rp466 juta lebih (Rp8.487 per USD) per tahun. Jumlah mahasiswanya mencapai 2.141 orang.
 
2. Universitas Princeton. Total biaya kuliah per tahun mencapai USD52.715 (Rp447 juta lebih) dengan jumlah mahasiswa mencapai 7.592 orang.
 
3. West Point United States Military Academy. Kuliah di kampus ini gratis. Jumlah mahasiswanya mencapai 4.621 orang.
 
4. Amherst College. Biaya kuliah yang terletak di Massachusetts ini sebesar USD54.322 (Rp461 juta lebih) per tahun dengan jumlah mahasiswa 1.744 orang.
 
5. Universitas Stanford. Biaya kuliahnya sebesar USD55.918 (Rp474 juta lebih) per tahun dengan jumlah mahasiswa 18.498 orang.
 
6. Universitas Harvard. Biaya kuliah kampus yang terletak di Massachusetts ini sebesar USD53.950 (Rp457 juta lebih) per tahun dengan jumlah mahasiswa 27.651 orang.
 
7. Haverford College. Biaya kuliahnya sebesar USD55.632 (Rp472 juta lebih) per tahun dengan jumlah mahasiswa sebanyak 1.190 orang.
 
8. University of Chicago. Biaya kuliahnya sebesar USD57.590 (Rp488 juta lebih) per tahun dengan jumlah mahasiswa 15.094 orang.
 
9. M.I.T. dengan biaya kuliah sebesar USD53.210 (Rp451 juta lebih) per tahun. Jumlah mahasiswa di kampus yang terletak di Massachusetts ini mencapai 10.384 orang.
 
10. U.S. Air Force Academy. Untuk kuliah di kampus yang terletak di Colorado ini, tidak dikenakan biaya alias gratis. Jumlah mahasiswanya mencapai 4.620 orang.
(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Video Siswi SMP Bercumbu di Hutan Beredar Luas