Jonathan Kura-Kura Tertua di Dunia

Foto: Orange

Jonathan Kura-Kura Tertua di Dunia
HELENA - Seekor kura-kura yang terdokumentasikan pada foto masa perang Afrika (Boer War) 178 tahun silam, ternyata hingga kini masih hidup.
 Oleh sebab itu, kura-kura itu diklaim sebagai kura-kura tertua di dunia.

Jonathan, nama kura-kura tersebut, kini diketahui berada di kepulauan South Atlantic di St Helena, sama seperti lokasi di mana foto itu diabadikan.

Foto tersebut diambil sekira tahun 1900-an dan pada saat itu Jonathan berpose dengan seorang tahanan Boer War. Demikian dilansir Orange, Jumat (5/8/2011).

Foto tersebut diketahui dimiliki oleh seorang pria bernama L A Innes, hingga akhirnya foto tersebut dilelang seharga 4.000 poundsterling atau sekira Rp55 juta (Rp13.889 per poundsterling).


Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, diketahui bahwa kura-kura tersebut adalah Jonathan yang kini masih hidup.

Jonathan pada saat foto berwarna hitam putih tersebut diambil berusia 70 tahun, hidupnya sudah melewati delapan masa kepemimpinan monarki Inggris, dari mulai George IV hingga Elizabeth II.

Jonathan tinggal di St Helena, bersama dengan lima kura-kura lainnya, David, Speedy, Emma, Fredricka dan Myrtle, di perkebunan.

Meski usianya yang relatif sudah tua, penduduk setempat mengatakan bahwa Jonathan masih sanggup untuk membuahi kura-kura betina yang masih muda.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pemadaman Listrik Sebabkan Tiga Rumah Terbakar