Hukum Zakat untuk Mahasiswa

|

foto:ist

Hukum Zakat untuk Mahasiswa

JAKARTA - Rasanya agak berat ya jika kita bicara mengenai hukum zakat, karena enggak akan cukup satu artikel saja. Pasalnya hukum zakat itu beragam, menjelaskannya harus detail.

Tenang, kamu enggak bakal menemukan hal berat semacam itu. Sebab, Konsultan Zakat Ustad Rahmatullah Oky, akan menjelaskan hukum zakat yang bisa berlaku untuk kamu.

Sebagai mahasiswa yang sadar zakat, kamu harus tahu apa syaratnya orang yang sudah dapat wajib pajak. Kata Oky, syaratnya ada lima, "Syaratnya antara lain, orang tersebut harus muslim, merdeka (bukan budak), hartanya milik sendiri, hartanya sudah jatuh nisab (sejumlah yang telah ditentukan), dan sudah masuk satu haul (satu tahun)," kata Oky saat dihubungi okezone, Selasa (23/8/2011).

Jadi, lanjut Oky, membayar zakat tidak boleh sembarangan, ada ketentuannya. Penyalurannya juga ada koridornya. "Syaratnya hanya itu saja. Jika ada mahasiwa yang sudah sukses dan punya penghasilan sendiri, berarti dia sudah mendapat wajib zakata," Oky mengimbuhkan.

Jika belum mampu, mahasiwa bisa sedekah melalui infaq dan zakat fitrah. "Kedua hal tersebut tidak terikat persyaratan tertentu. Hanya saja jika zakat fitrah, hukumnya wajib kala bukan Ramadan," papar Oky.

Ada pun ketentuan zakat fitrah yakni semua muslim baik yang sudah dewasa, maupun masih dalam kandungan. "Jadi walaupun masih di dalam kandungan dan terdeteksi hidup, sudah wajib zakat fitrah, dibayarkan oleh orangtuanya," pungkas Oky.

Zakat yang cocok untuk mahasiswa, menurut Oky adalah zakat fitrah, selain memang wajib, zakat fitrah bisa diwakilkan untuk menunaikannya. "Misalnya, jika ada mahasiswa di Bandung, sementara orangtuanya di Kalimantan, si mahasiswa bisa dibayarkan zakatnya melalui orangtuanya, dan sudah tidak perlu menunaikan zakat fitrah lagi," jelasnya.

Jadi, sudah jelas kan zakat apa yang wajib kamu bayar? Sekarang kamu tinggal tentukan, kapan kiranya kamu menunaikan zakat fitrah dan infaqmu?

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pebri Tewas dengan Pisau Menancap di Tubuh