Dunia Lebih Aman Setelah 9/11

|

Foto : Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen (4vf)

Dunia Lebih Aman Setelah 9/11

BRUSSEL - Uni Eropa dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menyatakan, dunia saat ini lebih aman setelah munculnya serangan 11 September, kelompok teroris juga dinyatakan makin melemah selama hampir 10 tahun pascatragedi 9/11.

"Saat ini, serangan yang berskala besar seperti yang terjadi pada 11 September 2001 tidak akan mungkin terjadi lagi. Namun apakah kita dapat dinyatakan bebas dari ancaman? Mungkin tidak," ujar Koordinator Kontra-Terorisme Uni Eropa Gilles de Kerchove, seperti dikutip AFP, Selasa (6/9/2011).

Kerchove menambahkan, meski belum dapat lepas dari ancaman teror, dunia tampak lebih aman dari sebelumnya.

Sementara itu, Sekretaris Jendral (Sekjen) NATO Anders Fogh Rasmussen menyatakan, tragedi 9/11 meningkatkan kerja sama militer antar negara dalam hal pertahanan. Seluruh negara tampak berupaya menjaga warganya dari segala macam ancaman.

Peristiwa teror yang terjadi belakangan ini adalah pembantaian di Norwegia oleh seorang ekstrimis sayap kanan Anders Behring Breivik yang menewaskan puluhan orang. Kerchove juga menyatakan, terorisme kini semakin berkembang dengan terbentuknya Al Qaeda di Afrika dan juga semenanjung Arab.

Meski demikian, kedua petinggi dari Uni Eropa dan NATO menyatakan, dunia lebih aman daripada 10 tahun yang lalu. Serangan teror berskala besar tampak mulai berkurang sejak 2001 lalu.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tiga Pengendara Tertimpa Pohon, Satu Orang Tewas