Universitas Terbaik untuk Belajar Sastra Inggris

|

Foto : Harvard/Corbis

Universitas Terbaik untuk Belajar Sastra Inggris

INGGRIS – Universitas Harvard dinobatkan sebagai universitas dengan fakultas Sastra Inggris terbaik di dunia. Penobatan ini berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dilakukan lembaga pemeringkat universitas yang berbasis di Inggris, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings.  

Kali ini, QS melakukan pemeringkatan atas universitas dengan fakultas Sastra Inggris terbaik di dunia. QS melakukan survei terhadap 33 ribu akademisi dan 16 ribu pengusaha berdasarkan pengajaran penelitian, peluang kerja, dan internasionalisasi di dunia pada 2011.

 

Berikut daftar 10 besar universitas terbaik yang memiliki fakultas Sastra Inggris terbaik di dunia seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (21/9/2011).

 

1. Universitas Harvard

 

Universitas Harvard merupakan kampus terbaik untuk belajar Sastra Inggris. Harvard merupakan universitas tertua dan paling prestisius di Amerika Serikat dan memiliki sokongan dana paling besar di antara universitas lain di dunia.

 

Universitas terbaik kedua di dunia ini tidak hanya terkenal kompetitif, tapi juga berbiaya sangat mahal, yaitu sebesar 25 ribu poundsterling atau setara dengan Rp352 juta (Rp14,108) per tahun.

 

Laman Departemen Sastra Inggris Harvard menyediakan template surat untuk "Ibu dan Ayah" bagi mahasiswa yang ingin meyakinkan orangtua bahwa gelar bahasa Inggris sangat berguna di dunia nyata.

 

Kesimpulan dari surat itu adalah belajar sastra Inggris akan mempersiapkan saya masuk bidang yang membutuhkan kemampuan membaca, berpikir tepat, dan menulis prosa dengan jelas.

 

2. University of Oxford

 

University of Oxford merupakan universitas tertua di dunia yang menggunakan bahasa Inggris. Universitas ini merupakan kampus dengan Departemen Sastra Inggris terbesar di Inggris yang memiliki 900 mahasiswa sarjana dan 300 mahasiswa pascasarjana.

 

Selain jumlah mahasiswanya yang banyak, kampus ini juga punya prestasi mengesankan jika dilihat dari alumnusnya. Penulis dan penyair yang merupakan lulusan Oxford adalah Aldous Huxley, Philip Larkin, JRR Tolkien, Evelyn Waugh, CS Lewis, dan John Betjeman. Bahkan perpustakaan universitas ini menyediakan setiap buku yang diterbitkan di Inggris dan Irlandia.

3. University of Cambridge

 

Cambridge, universitas terbaik di dunia merupakan kampus terbaik ketiga di dunia yang memiliki fakultas Sastra Inggris. Beberapa mantan mahasiswa kampus ini adalah Jeremy Paxman, Emma Thompson, Sam Mendes, dan Stephen Fry.

 

Laman fakultas Sastra Inggris Cambridge menulis, "Pengalaman membaca Sastra Inggris di Cambridge sangat kaya karena menggabungkan ceramah dan seminar yang disediakan oleh fakultas.”

4. University of California, Berkeley

 

Kampus ini memiliki prestasi mengesankan dalam dunia tulis menulis. Terbukti, University of California, Berkeley telah meraih 11 Pulitzer di antara pengajar, alumni, dan penelitinya. Pulitzer Prize adalah penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalisme cetak dan sastra di Amerika Serikat.

 

Perpustakaannya yang mencakup beberapa kompleks seluas 12 hektare, merupakan kompleks perpustakaan terbesar di dunia. Penulis Irving Stone yang pernah belajar di Berkeley (pada 1923) menulis novel Lust for Life dan saat dibuat menjadi film memenangkan Piala Oscar.

 

5. Universitas Yale

 

Universitas tertua ketiga di dunia ini memiliki fakultas Sastra Inggris terbaik kelima di dunia. Kampus ini dikenal karena kebebasan dan berpikiran terbuka, di mana mahasiswanya berasal dari banyak etnis, warga negara, dan kondisi sosial ekonomi yang berbeda.

 

Selain itu, kampus ini terbuka untuk mahasiswa dengan orientasi seksual penyuka sesama. Kelas penulisan kreatif yang merupakan bagian dari fakultas Sastra Inggris dianggap sebagai salah satu kelas terbaik di Amerika.

 

6. Universitas Columbia

 

Universitas Columbia merupakan penerima Pulitzer Prize hampir setiap tahun. Kampus ini merupakan salah satu universitas paling mahal di Amerika, yaitu dengan biaya sebesar 27.500 poundsterling (Rp387 juta) per tahun. Universitas ini mencetak beberapa penulis sukses seperti Jack Kerouac, JD Salinger, dan Hunter S Thompson.

 

7. University of Toronto

 

University of Toronto merupakan satu-satunya universitas dari Kanada yang masuk dalam daftar 10 besar. Kampus ini menghasilkan jurnalis Malcolm Gladwell dan penulis Margaret Atwood.

 

8. Universitas Stanford

 

Dalam daftar universitas terbaik di dunia, Universitas Stanford ada di peringkat 11. Namun, Stanford berada di peringkat delapan dalam daftar Sastra Inggris terbaik, meski dianggap sebagai lembaga pendidikan yang berpikiran teknologi mengingat Stanford tempat pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page menuntut ilmu.

 

9. University of California, Los Angeles (UCLA)

 

UCLA memiliki fakultas Sastra Inggris terbaik kesembilan di dunia. Kampus ini terbuka untuk mahasiswa yang bekerja keras dan memiliki mimpi besar. Mahasiswa yang mengambil kuliah program gelar sarjana di fakultas Sastra dijanjikan perspektif historis dan literatur sastra yang beragam.

 

10. University of Chicago

 

Dalam daftar ini, University of Chicago ada di peringkat 10. Di kampus ini, mahasiswa akan belajar Awal dan Abad Pertengahan, Renaissance dan Modern Awal, Abad Ke-18, Abad Romantisisme, Victoria dan Abad Ke-20, serta Kontemporer dan Transnasional.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Peringati Hari Ibu, Jokowi Bagi-Bagi Amplop dan Sembako