Google pun kepincut UKM Indonesia

|

Logo Google

Google pun kepincut UKM Indonesia

Sindonews.com - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam negeri rupanya mampu membuat raksasa internet, Google, kepincut. Rencananya Google untuk membangun kantornya di Indonesia. Banyaknya jumlah UKM di Indonesia yang sudah melek internet semakin membuat Google jatuh hati untuk segera merealisasikan niatnya tersebut.

Executive Chairman Google Eric Schmidt menyatakan kalau Google akan melakukan pendekatan ke usaha-usaha kecil dan menengah (UKM) jika berhasil merealisasikan rencananya membuka kantor di Indonesia sebagai salah satu berekspansi.

Schmidt mengaku optimistis mendapat dukungan pemerintah terkait rencana ekspansi Google ke Indonesia. "Pemerintah Indonesia melihat kami sebagai investasi positif, karena kami akan merekrut orang dan memiliki operasi bisnis di sini," paparnya.

"Selain itu, kami juga fokus terhadap usaha kecil dan menengah. Ketika kami memasuki sebuah negara, kami memiliki program untuk UKM yaitu program pemasaran dan edukasi seperti seminar," lanjut Schmidt.

Schimdt mengaku tak menyangka jika jumlah UKM di Indonesia mencapai sekira 50 juta UKM dan dia percaya jika UKM inilah yang akan menjadi mesin untuk pertumbuhan ekonomi negara di masa depan," tambahnya.

Menurutnya, dengan banyaknya pulau-pulau di Indonesia maka jaringan internet merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah isolasi antarpulau. Namun, hingga kini Schmidt mengaku belum dapat memastikan waktu yang tepat untuk merealisasikan rencananya itu. Menurutnya, dia masih harus didiskusikan lebih lanjut bersama pemerintah Indonesia. "Kami masih dalam tahap negosiasi, jadi saya tidak bisa berbicara atas nama pemerintah Indonesia. Tapi sejauh ini mereka bersikap sangat mendukung," pungkas Schmidt.

Dari pihak pemerintah, dukungan atas rencana Google tersebut diutarakan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring yang mengatakan bahwa pemerintah dan pihak Google akan segera membuat Memorandum of Understanding (MoU)yang isinya di antaranya untuk membantu UKM.

"Itu permintaan kita, supaya Google membagi pengalaman-pengalaman mereka di negara lain bahwa dengan Google usaha-usaha lain di dunia bisa berkembang. Apalagi Google juga mengatakan bahwa UKM Indonesia belum dikenal, jadi ini merupakan suatu sarana," jelas Tifatul.

Tifatul pun memastikan bahwa keinginan Google untuk membangun kantor di Indonesia pasti akan terwujud. Bahkan tim teknis Google untuk Indonesia baru saja dibentuk.

Tifatul mengatakan, terbentuknya tim teknis untuk membahas kantor perwakilan raksasa internet itu di tanah air mematahkan rumor yang menyebutkan kalau Google batal menanamkan investasinya di Indonesia.

"Saya sudah mengajak Pak Syarif Hasan (Menteri Koperasi dan UKM) bertemu CEO Google. Jadi sekarang sedang dibentuk tim teknis, tahu-tahu kok ada berita Google batal dari siapa? Timnya saja baru dibentuk," kata Tifatul.

Tifatul juga menambahkan, investasi Google di Indonesia lebih difokuskan ke UKM. Ini dimaksudkan supaya produk-produk UKM bisa dilakukan pemasaran melalui Google sehingga bisa menembus pasar internasional.

Semoga saja si raksasa mampu merealisasikan impian UKM untuk go internasional.

Editor : Andina Meryani

(and)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • UMKM

      LPG 3 kg di Salatiga tembus Rp15.000/tabung

      Harga gas LPG ukuran 3 kilogram (kg) ditingkat pengecer di daerah Sidoerejo, Salatiga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Saat ini harga gas LPG tabung melon tersebut menembus Rp15 ribu per tabung.

    • UMKM

      Kuartal III, inflasi Jabar diperkirakan 1,5-2%

      Angka inflasi Jawa Barat (Jabar) pada bulan Juli, Agustus, dan September diperkirakan akan mencapai 1,5-2 persen. Peningkatan inflasi disebabkan terbitnya sejumlah kebijakan pemerintah serta kondisi ekonomi global.
       

    • UMKM

      Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat

      Sering digunakannya perairan Indonesia sebagai jalur perdagangan ekspor-impor, mengharuskan Indonesia memperkuat kekuatan maritimnya.

    • UMKM

      Semester I/2012, Bulog raup untung Rp111 M

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog, mencatat keuntungan pada semester I/2012 sebesar Rp111 miliar. Pencapaian tersebut lebih disebabkan setelah adanya rekonsiliasi dari Public Service Obligation (PSO).

    • UMKM

      Awasi ekspor-impor, maritim RI harus diperkuat

      "Kalau Indonesia ingin kuat menjaga martabat sebagai bangsa yang kuat, berarti Indonesia harus kuat di bidang maritim maupun pertanian," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X.

    • UMKM

      Raskin ke-13 siap meluncur jelang Ramadan

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog siap salurkan beras untuk rumah tangga miskin (raskin) ke-13. Penyaluran itu akan dilakukan menunggu keputusan pemerintah. Kemungkinan, raskin tersebut akan disalurkan menjelang bulan Ramadan

    • UMKM

      Kulon Progo siapkan kota Satelit

      Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta menyiapkan tiga kecamatan sebagai kota satelit. Kota satelit disiapkan untuk merespon kebutuhan hunian terkait adanya megaproyek yang akan dibangun di daerah ini.

    • UMKM

      Stok beras aman hingga maret 2013

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog memastikan pasokan beras aman sampai dengan sembilan bulan kedepan (Maret 2013). Pasalnya, terhitung sampai dengan saat ini Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia di Bulog mencapai 468.000 ton.

    • UMKM

      Indeks kepercayaan konsumen RI kian melejit

      Tingkat kepercayaan konsumen Indonesia terus meningkat seiring dengan Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) naik sebesar 1,2 persen menjadi 92,4 dari sebelumnya 91,3.

    • UMKM

      Ramadan & Lebaran, Bulog jamin harga beras stabil

      Perusahaan Umum (Perum) Bulog memastikan harga beras pada bulan Ramadan dan Lebaran akan bergerak stabil. Pasalnya, dilihat dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia di Bulog adalah sebesar 468 ribu ton.

    Baca Juga

    Mengintip Interior BMW All New 7 Series