Awas! KTP Palsu Buatan Jalan Pramuka Beredar

|

Awas! KTP Palsu Buatan Jalan Pramuka Beredar

JAKARTA- Mudahnya membuat kartu Tanda Penduduk Palsu (KTP) palsu dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Di Jakarta, tempat pembuatan KTP palsu banyak ditemui di Jl. Pramuka Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.

"Kalau pelaku kejahatan itu, rata-rata menggunakan KTP palsu. Mereka buatnya di Pramuka," kata Kasat Resmob AKBP Herry Heryawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2011).

Herry mengatakan bandar narkoba, pelaku penipuan via pesan pendek dan pelaku kejahatan perbankan paling banyak ditemui menggunakan KTP palsu. Dengan KTP palsu, pelaku kejahatan akan lebih mudah bergerak dan mencairkan uang.

"Mereka juga buat Ijazah palsu,  SIUP palsu, surat nikah palsu dan surat pendirian perusahaan palsu," cetusnya.

Seperti diketahui, Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil meringkus sedikitnya 11 orang sindikat pembobol uang bank dengan cara mengetahui mesin EDC. Dalam keseharian dan menjalankan aksinya, mereka menggunakan KTP palsu. Sebanyak 13 KTP palsu berhasil diamankan dari tangan tersangka.  KTP palsu dibuat dengan foto yang sama sementara nama dan alamatnya berbeda.

(ugo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Demokrat: Kebijakan Jokowi Langgar Prinsip Good Governance