Bukti Kehandalan Hyundai Grand Avega

|

F: Hyundai Grand Avega (Septian Pamungkas / Okezone)

Bukti Kehandalan Hyundai Grand Avega

JAKARTA - Dalam acara Fun Drive Hyundai Grand Avega dengan tujuan Jakarta-Yogyakarta yang berlangsung selama dua hari (27-28/9/2011) Okezone berkesempatan merasakan performa hatchback yang baru saja diperkenalkan di pasar nasional lewat gelaran IIMS 2011. Ingin tahu kehebatan mobil buatan pabrikan Korea Selatan ini, simak ulasan lengkapnya.

Eksterior

Tidak perlu diragukan lagi kualitas eksterior mobil ini. Dengan garis tegas pada bodi dan model lampu yang tajam menjadikan mobil ini tampil lebih stylish dan modern. Bahkan sepanjang perjalanan, mobil ini mampu menyedot perhatian publik. "Mobil apa ini mas? Harganya berapa? Bagus ya modelnya." tanya seorang pria ketika Okezone sedang santap malam di Purwokerto.

 

Grand Avega tersedia dalam enam pilihan warna diantaranya Carbon Grey, Sleek Silver, Crystal White, Phantom Black, Clean Blue dan Veloster Red.

Interior dan Audio

Ketika pertama kali duduk dibelakang setir kemudi, rasa nyaman sudah sangat terasa. Badan serasa dipeluk oleh jok ditambah lagi ruang kabin yang lega membuat suasana kian terasa nyaman. Ruang kabin memiliki tingkat kesenyapan cukup baik, suara mesin mampu diredam sehingga tidak begitu terasa mengganggu telinga.

 

Begitu pun di bangku bagian belakang ruang yang lega membuat kaki leluasa bergerak. Suasana nyaman kian terasa berkat pendingin udara alias AC yang mampu mendinginkan seisi ruang kabin. Pada sistem ini terdapat empat level untuk mengatur tingkat kedinginan.

 

Suasana didalam kabin yang senyap ini, kami pun memanfaatkannya untuk menikmati sistem audio. Meski diposisikan pada volume maksimal yang menunjukkan angka 33, suara yang dihasilkan tetap nyaman ditelinga. Sistem audio yang digunakan Grand Avega model double din yang dilengkapi USB port, cd player, radio serta speaker 4 titik.

Performa

Okezone mendapat kesempatan pertama untuk membesut Grand Avega dari Jakarta hingga Cirebon. Grand Avega yang kami jajal bermesin Gamma 1.4 liter DOHC yang dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan. Mesin ini diklaim memiliki tenaga sebesar 108 PS pada 6300 rpm dan torsi 13,9 Kg pada 5000 rpm.

 

Setiap perpindahan gigi pada mobil ini terasa halus dan setiap membuka gas tenaga terasa cukup padat sehingga membuat kami terpancing untuk merasakan kekuatan maksimal hatchback lima pintu ini. Saat memasuki tol Cikampek kondisi lalu lintas relatif sepi, hal ini kami manfaatkan untuk menguji kemampuan mesin Grand Avega.

 

Tanpa ragu lagi tuas persneling dipindah ke posisi lima sembari menekan dalam-dalam pedal gas. Alhasil Avega berlari hingga menunjukkan angka 180 km/h di speedomoter, bahkan mobil yang dikendarai rekan media lainnya ada yang menembus kecepatan 190 kpj. Sebenarnya mobil ini masih bisa bertambah kecepatan, karena faktor keamanan dan keselamatan di jalan umum maka kecepatan pun dikurangi.

Suspensi dan Pengereman

Kontur jalan yang naik turun dan bergelombang saat berada di kawasan Kebumen mampu diredam dengan baik karena Grand Avega telah ditanam shock depan MacPherson Strut w/Stabilizer dan belakang menggunakan Coupled Torsion Beam Axle. Dengan suspensi ini mobil seakan melekat dengan aspal sehingga terasa mengikuti kontur jalan. Tikungan 'S' sekalipun dapat dengan mudah dilahap. Berkat fitur Electric Stability Control (ESC), Grand Avega semakin enak untuk diajak bermanuver.

 

Jalur yang ekstrim ditambah lagi iring-iringan yang berjalan cukup cepat membuat kami harus selalu siaga dalam memainkan rem. Grand Avega menggunakan sistem pengereman Ventilated Disk di depan dan belakang menggunakan teromol (drum). Meski belum dilengkapi fitur Anti-lock Brake System (ABS), kemampuan rem ini cukup mumpuni hal tersebut dibuktikan ketika beberapa kali kami melakukan rem mendadak.

 

Mobil yang baru diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 lalu ini dilepas dengan banderol Rp161,5 juta untuk versi manual dan Rp171,5 juta untuk matik.

(zwr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Hasil Pertemuan Akbar Tandjung dengan Menko Polhukam