Ivy League Kampus Impian Semua Mahasiswa

|

foto: logo Ivy League/ist

Ivy League Kampus Impian Semua Mahasiswa

JAKARTA - Nama Ivy League pasti sudah enggak asing di telingamu, bagaimana tidak, grup kampus asal Amerika tersebut sangat terkenal dengan kesempuranaan akademis yang dijanjikan kepada lulusannya.

Ivy League adalah sebuah asosisasi yang terdiri dari delapan universitas di seluruh Benua Amerika Utara. Istilah Ivy League memiliki konotasi kesempurnaan akademis dan elitisme akademis, anggota dari grup yang didirikan pada 1954, juga terkenal dengan sebutan Ancient Eight (delapan sekolah lama).

Kedelapan anggotanya memiliki ciri umum, antara lain mereka adalah universitas top di Negeri Paman Sam dan mereka adalah bagian dari universitas dengan pendapatan keuangan terbesar di dunia.

Selain itu, semua anggota grup Ivy League semua tersebar di sebelah Timur Laut Amerika, kecuali Cornell University. Uniknya semua kampus kecuali Cornell University yang tergabung, didirikan pada zaman kolonial Amerika.

Sebutan Grup kampus yang selalu menjadi incaran mahasiswa seluruh dunia terebut terlahir ketika pertandingan olah raga di pantai timur (east coast) tiap musim yang diikuti oleh kedelapan anggotanya.

"Media massa di wilayah setempat acap kali menyebut pertandingan tersebut hanya untuk anggota Ivy saja, oleh sebab itu, nama Ivy League lahir begitu saja lantaran sebutan media massa," demikian yang dikutip dari Associate Press, Jumat (30/9/2011).

Namun, wikipedia mencatat, Ivy League terbentuk bedasarkan sembilan sekolah yang telah berdiri ketika era kolonial, dan komunitas gereja protestan yang acap kali mengadakan turnamen atletik.

Terlepas dari sejarah nama Ivy League, kedelapan anggotanya merupakan univeritas swasta terbesar dan telah melahirkan para almuni yang berkualitas. Kampus anggota Ivy League terkenal dengan seleksi ketat saat penerimaan mahasiswa baru.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tidak Perlu Mata Pelajaran Khusus TIK