Banyak Hewan Kurban di Jakarta Belum Cukup Umur

Jum'at, 04 November 2011 14:16 wib | Dwi Afrilianti - Okezone

Banyak Hewan Kurban di Jakarta Belum Cukup Umur Ilustrasi (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sejak H-10 Hari Raya Kurban atau Idul Adha, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta menemukan sejumlah hewan yang belum cukup umur untuk dikurbankan.
 
Kebanyakan hewan-hewan belum cukup umur ditemukan di wilayah Jakarta Timur. "Di Jakarta Timur ditemukan 36 sapi, 58 kambing, dan satu ekor kerbau belum cukup umur," kata Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta saat dihubungi, Jumat (4/11/2011).
 
Selain di Jakarta Timur, hewan kurban belum cukup umur juga didapati di wilayah Jakarta Utara. Dengan rincian tiga sapi dan satu kambing.
 
"Untuk hewan yang tidak cukup umur, kita beri tanda dengan cat warna. Tetap boleh dijual tetapi tidak untuk kurban," jelasnya.
 
Salah satu syarat hewan kurban adalah harus sudah cukup umur. Untuk sapi genap berumur 2 tahun dan masuk pada tahun ke-3. Sementara untuk kambing genap berumur setahun. Umur sapi dan kambing bisa diketahui dari catatan kelahiran atau susunan giginya.
 
Selain temuan hewan kurban belum cukup umur, Dinas Kelautan dan Perikanan DKI juga menemukan hewan kurban berpenyakit ringan, seperti sakit mata dan mengalami luka di tubuh.
(ful)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »