Datang, Bertanding, dan Menang

|

Maskot SEA Games XXVI (ist.)

Datang, Bertanding, dan Menang

SEA GAMES 2011 digelar di Palembang dan Jakarta mempertandingkan 41 cabang yang dihelat 11-22 November 2011. Sebanyak 23 cabang dipertandingkan di Jakarta, sisanya 18 cabang digelar di Palembang. Sebagai tuan rumah Indonesia menargetkan posisi juara umum (okezone.com, 11/11/2011).

     

Sebuah harapan yang tidak sekadar mimpi. Indonesia pasti mampu berbuat banyak dalam pesta olahraga dua tahunan Se-Asia Tenggara ini. Sejarah mencatat Indonesia berhasil menjadi juara umum sebanyak sembilan kali selama 25 tahun SEA Games berlangsung. Tiga kali menjadi juara umum ketika menjadi tuan rumah.

Namun, dalam pelaksanaan SEA Games sepuluh tahun terakhir prestasi Indonesia mulai menurun. Prestasi terbaik Indonesia yakni menduduki posisi ke-3 dalam SEA Games yang diselenggarakan di Laos tahun 2009.

            

Dalam SEA Games kali ini Indonesia mendapat angin segar. Karena menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games XXVI 2011. Bermain di negeri sendiri tentunya menjadi semangat tersendiri bagi setiap atlet Indonesia. Ditonton secara langsung oleh keluarga tercinta pasti bisa menjadi semangat tersendiri.

Apalagi bonus yang menggiurkan telah meananti bagi setiap atlet yang bisa mempersembahkan medali emas buat Indonesia. Datang, Bertanding, dan Menang. Itulah semboyan yang harus ditanam dalam diri tiap atlet SEA Games kali ini. Para atlet pasti sudah begitu merindukan manisnya menjadi juara di negeri sendiri.

Masyarakat Indonesia juga harus bersatu mendukung setiap atlet yang bertanding di SEA Games kali ini. Mereka tidak boleh memandang suku, ras, agama ataupun yang lainnya pada diri atlet. Bendera merah putih yang ada di setiap pertandingan bisa menjadi pertanda kalau atlet Indonesia harus didukung.

Karena dengan bekal kemampuan dalam diri atlet saja tidak cukup untuk bisa memenangkan dalam setiap pertandingan. Mereka membutuhkan sorak-sorai penonton yang bisa melemahkan mental bertanding lawan. Sehingga lawan-lawan tim nasional kita pun bisa tertekan oleh atmosfer pertandingan yang berpihak pada tuan rumah. Diharapkan nantinya kemenangan demi kemenangan pun bisa tercipta dan akhirnya dalam penutupan SEA Games XXVI 2011 Indonesia bisa menjadi juara umum.

Dalam setiap pertandingan olahraga yang disaksikan jutaan mata di Asia Tenggara ini, melalui kecanggihan teknologi, setiap pertandingan SEA Games bisa disaksikan secara langsung di layar kaca penonton masing-masing.

Jutaan mata di kawasan Asia tenggara pasti akan tertuju ke Indonesia. Yang menjadi maskot SEA Games kali ini adalah dua hewan komodo yang di beri nama "Modo dan Modi". Hal ini tentunya bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Karena bisa mempromosikan kadal raksasa Komodo di kancah internasional yang tengah bersaing dalam ajang New Seven Wonders of Natures.    

            

Eki Tirtana Zamzani

Mahasiswa Pendidikan Matematika

IAIN Sunan Ampel Surabaya

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pembunuh Sri Wahyuni Dijerat Pasal Berlapis