Sarkozy Tegaskan Persahabatannya dengan Netanyahu

Nicolas Sarkozy (Foto: Ist)

Sarkozy Tegaskan Persahabatannya dengan Netanyahu
PARIS - Setelah beredarnya percakapan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dengan Presiden Barack Obama beberapa waktu lalu yang membicarakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Sarkozy akhirnya mengirimkan surat kepada Netanyahu yang menyatakan menegaskan kembali hubungan baik Prancis dan Israel.

Sarkozy pun menyampaikan rasa duka citanya terhadap kematian mertua Netanyahu dalam usahanya untuk menyelesaikan masalah terkait rekamannya yang mengatakan Netanyahu adalah pembohong.

"Anda merupakan sahabat saya, dan perbedaan pandangan terhadap masalah di Timur Tengah, dan salah pengertian yang muncul di media tidak akan berpengaruh terhadap persahabatan kita," demikian tulis Sarkozy dalam suratnya yang dikirimkan pada Netanyahu.

Seperti diberitakan sebelumnya pada rapat G20 di Paris, Prancis, percakapan pribadi antara Sarkozy dan Obama bocor karena microphone. Sarkozy mengatakan, pada Obama, bahwa Netanyahu adalah seorang pembohong.

Obama sendiri turut menyampaikan rasa duka cita terhadap kematian mertua Netanyahu meski dia sendiri tidak menyinggung mengenai percakapannya dengan Sarkozy.

Obama dan Netanyahu juga memiliki hubungan yang tidak baik. Namun demikian, Obama enggan untuk memulai konfrontasi dengan Netanyahu, mengingat dia masih membutuhkan suara dari para kaum Yahudi AS untuk pemilihan presiden mendatang.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (15/11/2011), Netanyahu  sendiri tidak mengomentari surat yang dikirimkan oleh Sarkozy.

Prancis sebelumnya sempat membuat marah Israel dan AS pada bulan lalu yang membantu Palestina pada saat pemungutan suara untuk mendapatkan pengakuan dari Unesco. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    1.000 Pemuda Syukuran di Tugu Proklamasi