Briptu Eka, Polwan Cantik yang Kerap Masuk TV

|

JAKARTA - Briptu Eka Frestya mendadak terkenal sejak setahun lalu ketika wajahnya kerap wara-wiri di salah satu televisi swasta melaporkan situasi lalu lintas di Jakarta dan beberapa kota di Indonsia. Pujian mengalir kepadanya dari berbagai forum internet, jejaring sosial dan secara bercanda banyak pria berseloroh, “Kalau polisinya secantik ini, mau dong ditilang.”

 

Meski sudah terkenal, Briptu Eka masih tekun menjalankan tugasnya sebagai polisi wanita. Dia, misalnya, belum pernah bermain film atau tampil dalam acara-acara komersial layaknya Briptu Norman Kamaru, yang terkenal karena video lipsync di Youtube. Bagi Briptu Eka, kepopuleran hanya efek samping dari tugas utamanya melayani masyarakat.

 

“Menjadi presenter bukan untuk mencari popularitas. Saya hanya mengemban tugas," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (16/11/2011).

 

Dalam seminggu, Gadis kelahiran 15 Juni 1988 ini tampil tiga sampai empat kali di acara Program Metro Pagi, Headline News, 8-11 Show, dan Djakarta Djakarta. Gadis yang dinobatkan menjadi salah satu duta kepolisian ini mengatakan menjadi polisi adalah panggilan hati.

 

Perjalanan Eka hingga terpilih menjadi salah satu dari enam polisi yang dipercaya menjadi presenter televisi cukup panjang. Dia menceritakan, pada awalnya sebanyak 100 anggota polisi dan polwan dari seluruh Indonesia diikutsertakan dalam ajang pemilihan presenter. Dari 100 orang, disaring menjadi 30 orang. Lalu disaring kembali hingga tinggal enam orang.

 

“Yang terpilih ada AKP Kristanto, AKP Desmon, Ipda Eni, Brigadir Afi, Astri, dan saya. Biasanya kalau enggak lagi siaran, saya balik ke tugas seperti biasa," ucapnya.

 

Dikatakan Eka, meski dirinya jadi dikenal banyak orang karena wajahnya sering masuk televisi, namun dia tidak mau berubah drastis.

 

“Perubahan pada diri saya sih enggak ada ya. Tetap seperti biasa karena saya melakukannya dalam mengemban tugas," jelasnya.

 

Eka mengaku senang menjadi seorang anggota polwan karena dia penyuka tantangan. Seiring dengan kepopuleran, Briptu Eka mengakui banyak tawaran dari dunia hiburan yang datang kepadanya. Tetapi, sejauh ini dia masih menolak semua tawaran itu.

 

Sebab, pekerjaan di luar tugas dinas, katanya, harus seizin pimpinannya di Polda Metro Jaya. Semua tawaran itu juga tidak bisa langsung ke dirinya tapi harus melalui ke pimpinan.

 

Briptu Eka memulai karirnya di kepolisian sejak tahun 2006. Awalnya Eka bertugas di Direktorat Samapta Polda Metro Jaya. Kemudian, dia dipindah ke Polres Bandara untuk menangani masalah TKI yang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Eka juga sempat dipindah ke Direktorat Objek Vital bagian Pariwisata Polda Metro Jaya.

 

Anak pertama dari tiga bersaudara yang ayahnya merupakan anggota TNI ini, sekarang bertugas di Samsat Jakarta Selatan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

 

"Kalau ada yang mau perpanjang STNK bisa bertemu dengan saya," katanya sambil tertawa.

(abe)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penahanan Pem-bully Jokowi Bisa Ditangguhkan