Kapal Induk & Kapal Perusak AS Kawal Obama di Bali

|

USS Stethem (mt-milcom.blogspot.com)

Kapal Induk & Kapal Perusak AS Kawal Obama di Bali

DENPASAR - Dua kapal perang Amerika Serikat USS Essex dan USS Stethem disiagakan untuk pengamanan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang akan menghadiri KTT ASEAN dan KTT Asia Timur di Nusa Dua, Bali.

Kedatangan dua kapal perang AS di sekitar perairan selatan Bali itu tidak banyak diketahui masyarakat luas. Bahkan pihak Kepolisian dan TNI juga tidak mengetahui lebih jauh seputar aktivitas mereka di laut.

“Sebenarnya sudah berada di perairan Bali sejak beberapa hari lalu, posisinya sekira 15 mil dari lokasi tempat digelarnya KTT ASEAN,” kata Kepala Penegakan Hukum Direktorat Pol Air Polda Bali AKBP Handoyo dihubungi okezone, Rabu (16/11/2011).

Sejauh ini, kontak dilakukan sangat terbatas antara pihak kapal induk AS itu dengan aparat keamanan di daerah.

Yang pasti, kata Handoyo, kehadiran dua kapal perang canggih itu terkait pengamanan Obama yang akan mengikuti serangkaian kegiatan KTT ASEAN dan KTT Asia Timur.

Informasi lain menyebutkan, kapal tersebut ukurannya lebih kecil dari kapal induk AS umumnya. "Lebih tepatnya kapal semi induk," ujar Kapten Tri, seorang perwira di Lanal Denpasar saat dihubungi terpisah.

Selain membawa tentara AS, kedua kapal militer itu juga mengangkut peralatan perang termasuk helikopter tempur.

Kapal induk USS Stethem merupakan kapal perang canggih jenis perusak rudal. Sedangkan USS Essex diketahui pernah menjadi kapal pendukung operasi bantuan militer AS di Aceh.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bus Masuk Jurang, 14 Orang Tewas dan 55 Luka