Gedung Putih: Iran Melemah Saat Obama Menjabat

Foto : Tom Donilon & Hillary Clinton di Bali (reuters)

Gedung Putih: Iran Melemah Saat Obama Menjabat
WASHINGTON - Penasihat senior Gedung Putih Tom Donilon mengatakan, Iran tampak melemah sejak Barack Obama menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS).

Tom Donilon juga mengatakan, pengaruh Iran di Timur Tengah juga tampak berkurang dengan adanya sanksi internasional yang diberlakukan untuk menghukum negeri Persia yang tengah menjalankan program nuklirnya.

Selain sanksi, Donilon berpendapat, perkembangan dan revolusi di dunia Arab juga tampak melemahkan Iran. Pengisolasian Iran juga dianggap semakin memperkuat kerja sama militer AS di negara-negara Teluk.

"Iran saat ini melemah, pengaruhnya juga mulai berkurang dan semakin terisolasi. Ini merupakan perubahan yang cukup dramatis bagi Iran. Peristiwa ini menunjukkan kesuksesan kami di era kepemimpinan Presiden Obama," ujar Donilon, seperti dikutip Radio Free Europe, Rabu (23/11/2011).

Penasihat senior Obama ini juga yakin, masih ada waktu untuk membujuk Iran agar negara itu menghentikan program nuklirnya.

Kegagalan Iran dalam mengembangkan pengaruhnya terlihat dalam kegagalannya menjadikan Irak sebagai mitranya. Donilon juga menyoroti masalah konflik internal Pemimpin Tertinggi Iran Ayatullah Khamenei dan Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Saat ini, AS, Inggris, dan Kanada sudah memberlakukan sanksi yang akan merusak sektor finansial Iran. Sanksi ini diberlakukan setelah Obama mendapat kritikan pedas dari para pejabat Partai Republik AS.

Meski didukung Barat, pemberlakuan sanksi ini sangat dikecam oleh Rusia. Rusia menilai, sanksi hanya akan mempersulit keadaan yang ada dan sanksi itu melanggar hukum internasional

Iran juga tetap mengatakan sanksi yang diberlakukan AS serta sekutunya tidak akan melemahkannya. Program nuklir Iran akan terus berjalan dan tak akan terhenti dengan adanya sanksi. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Video Siswi SMP Bercumbu di Hutan Beredar Luas