Tantowi: Gaji Guru Honorer Jakarta Harus Setara Bankir

|

golkar.or.id

Tantowi: Gaji Guru Honorer Jakarta Harus Setara Bankir

JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta, Tantowi Yahya, terus melakukan sosialiasi kepada warga jelang Pemilukada DKI Jakarta 2012 nanti. Kemarin, politikus Partai Golkar ini menyambangi TK Paud Melati di bilangan Grogol, Jakarta Barat.

 

Dalam kesempatan tersebut, Tantowi menyempatkan untuk biersilaturahmi dengan sejumlah guru honorer sembari mendengarkan keluh kesahnya. Tantowi mengaku prihatin dengan nasib guru terutama guru honorer di Jakarta.

 

Menurut Tantowi, masih ada kesenjangan yang diterima guru tidak tetap. Ini menunjukkan pemerintah telah berlaku diskriminatif dengan cara mengelompokkan status guru. Di antaranya pemerintah, mengelompokkan guru menjadi Guru PNS, PNS Depag, PNSDPK, Guru Bantu, Guru Honor Daerah, Guru Tetap Yayasan, dan Guru Tidak Tetap.

 

“Guru PNS bisa berpenghasilan Rp6 juta per bulan, sementara guru honorer hanya mendapatkan bantuan honor dari dana BOS yang besarnya bervariasi antara 200-500 ribu," ungkap pria yang menjadi Anggota Komisi I DPR ini dalam keterangannya, Minggu (27/11/2011).

 

Menurutnya, guru adalah faktor dan figur publik dalam membentuk kepribadian dan karakter bangsa. Kedudukan peran guru dirasa sangat strategis dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, komprehensif, dan bermartabat. Tugas dan peran guru tidak bisa digantikan oleh internet atau jaringan komunikasi secanggih apapun juga.

 

"Jadi betapun pesatnya perkembangan teknologi canggih, sosok guru di kelas sangatlah penting. Melalui pertemuan face to face, sosok guru tetap dibutuhkan untuk menularkan nilai-nilai. Negara harus memberikan perhatian lebih kepada guru,” tandas pria yang malang melintang menjadi presenter tersebut.

 

Peringatan Hari Guru beberapa waktu lali, kata Tantowi, harus jadi momentum untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Dia berharap, tidak ada lagi kisah pilu para guru yang terpaksa nyambi sebagai tukang ojek atau profesi lain. "Kalau perlu, gaji yang diberikan kepada guru setara atau lebih tinggi dari bankir," tuturnya.

(teb)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mahasiswa Tolak Kedatangan Jokowi ke Riau