Rumah Sakit Rujukan Banten Beroperasi 2013

|

ilustrasi - blogspot

Rumah Sakit Rujukan Banten Beroperasi 2013

SERANG - Rumah Sakit (RS) Rujukan Provinsi Banten direncanakan mulai beroperasi tahun 2013. Saat ini, RS yang berlokasi di Cipocok Jaya Kota Serang tersebut masih dalam tahap pemenuhan sarana dan prasarana.

"Kami rencanakan 2013 RS Rujukan Provinsi sudah launching beroperasi atau bahkan grand opening. Tahun 2012, semua kebutuhan sarana prasarana, seperti alat kesehatan akan dilengkapi," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr. Drajat Ahmad Saputra, Kamis malam.

Ia mengungkapkan,  tipe RS rujukan provinsi tersebut baru tipe B dan secara bertahap nanti ditingkatkan menjadi tipe A.

Menurut dia, RS tipe B paling tidak harus memiliki bidang pelayanan kesehatan anak, penyakit dalam, bedah, dan kandungan, pelayanan kesehatan umum serta spesialis.

"Saat ini sarana pendukung seperti instalasi kamar mayat, ruang gizi, alat kesehatan belum ada. Direncanakan sarana pendukuung RS tersebut dipenuhi tahun 2012," ungkapnya.

Mengenai jumlah kamar pasien, Drajat mengungkapkan disediakan sekitar 100-200 kamar, dan Idealnya, biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp 200-500 miliar.

Terkait dengan usulan anggaran RS rujukan pada APBD 2012, Drajat tidak hafal angka pastinya.  "Tapi kalau melihat kebutuhan sarana RS serta alat kesehatan sedikitnya Rp 100 miliar," ungkapnya.

Drajat mengungkapkan, pembangunan fisik RS rujukan provinsi dimulai tahun 2008, dengan perkiraan anggaran sudah mencapai Rp 250 miliar yang bersumber dari APBN dan APBD Banten. 

(amr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cegah Konflik, Jokowi Harus Reformasi Sektor Keamanan