Rusia: Tak Ada Alasan Menghambat Eskpor Senjata ke Suriah

|

ilustrasi : (presstv)

Rusia: Tak Ada Alasan Menghambat Eskpor Senjata ke Suriah

MOSKOW - Deputi Perdana Menteri Rusia Sergei Ivanov menegaskan, tidak ada alasan untuk menghambat penjualan senjata ke Suriah.

"Rusia akan tetap bekerja sama dengan Suriah di bawah perjanjian dan juga aturan," ujar Ivanov, seperti dikuitp SANA, Jumat (2/12/2011).

Rusia sebelumnya menolak adanya larangan dan pemberlakuan embargo persenjataan ke Suriah. Rusia juga menegaskan penentangannya terhadap negara Barat dan Amerika Serikat (AS) dengan mengirim 72 misil ke Suriah.

"Misil dan persenjataan ini akan membantu Suriah dalam mempertahankan wilayah pesisir pantainya dari serangan," ujar salah satu sumber dari Rusia.

Negeri beruang merah ini juga mengatakan, kerja sama pertahanan dengan Suriah diatur dalam perjanjian pada 2007 lalu. Perjanjian itu pun dinyatakan legal dari kacamata hukum internasional.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Rusia Alexander Lukashevich juga mengkritisi sikap AS yang mengirimkan kapal perangnya ke perairan Mediterania Timur. Lukashevich mengatakan, pengiriman kapal perang AS akan menyebabkan eskalasi ketegangan di Suriah dan wilayah sekitarnya. Hal itu juga tidak akan memecahkan masalah yang ada.

Kapal induk dan kapal perang Rusia juga dikabarkan akan memasuki perairan Mediterania pada akhir tahun ini atau awal tahun depan untuk berlatih. Namun Rusia menegaskan, pengiriman kapal induk ini tidak bertujuan untuk mencampuri urusan Suriah.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Perempuan AS Melahirkan di Kereta saat Hari Natal