Inggris Takkan Serang Suriah

|

Foto : Demonstrasi Suriah (clatl)

Inggris Takkan Serang Suriah

LONDON - Salah seorang penasihat keamanan senior Inggris mengatakan, tidak akan ada intervensi militer yang dilakukan oleh Inggris terhadap Suriah.

Penasihat keamanan Inggris Sir Peter Ricketts mengatakan, Inggris sudah mengeyampingkan rencana intervensi militer ke Suriah.

Ricketts juga membandingkan situasi Suriah dan Libya, yang diserang oleh pasukan koalisi pada Maret lalu.

"Kami didesak oleh banyak warga Libya agar melakukan intervensi militer ke negaranya. Hal ini tidak kami jumpai dalam kasus Suriah, intervensi militer tidak dapat kami lakukan di Suriah karena kasus Suriah cukup berbeda dengan Libya," ujar Ricketts, seperti dikutip Xinhua, Selasa (6/12/2011).

Mantan Duta Besar Inggris untuk Prancis itu juga menambahkan, Dewan Nasional Suriah (oposisi Suriah) terlihat lebih terpecah dibandingkan oposisi Libya yang berhasil menumbangkan rezim yang berkuasa.

Oposisi Suriah juga sudah mendapatkan pengakuan sebagai representasi yang sah bagi masyarakat Suriah dari beberapa negara.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton bahkan akan mengadakan pertemuan dengan pihak oposisi Suriah di Swiss.

Suriah kini tengah mengalami ancaman yang cukup serius dalam keamanannya, selain adanya pembelotan dari kubu militer dan intelijen, Prancis juga tampak mendukung adanya intervensi militer ke Suriah. Prancis bahkan melindungi para oposisi Suriah dan akan terus membujuk Uni Eropa agar bersedia untuk melakukan intervensi.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Telusuri Rekening Gendut, Mahfud MD Minta KPK dan Kejagung Koordinasi