Pengungsi Menyiram Diri dengan Air Debu Vulkanik Gamalama

|

Erupsi Gunung Gamalama, Malut. (Foto: okezone/Rival F)

Pengungsi Menyiram Diri dengan Air Debu Vulkanik Gamalama
TERNATE - Puluhan pengungsi erupsi Gunung Gamalama, siang ini menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Wali Kota Ternate, Maluku Utara.

Para pengungsi asal Kelurahan Marikrubu, Kecamatan Ternate Tengah, mengaku kecewa dengan penanganan pemerintah setempat terhadap para korban erupsi Gunung Gamalama yang dinilai lamban.

Dalam aksi tersebut, massa menyiram tubuh mereka dengan air yang sudah dicemari debu vulkanik Gunung Gamalama. Ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan atas penanganan dari pemkot. Mereka menuntut pemerintah setempat agar lebih serius menangani pengungsi.

Amrul, seorang pengungsi, Kamis (8/12/2011), mengatakan daerah Marikrubu saat ini mengalami krisis air bersih. Air yang tertampung di bak-bak milik warga sudah tercemari debu vulkanik. Karena itu mereka melakukan aksi menyiram diri dengan air limbah erupsi Gamalama.

Kelurahan Marikrubu, kata Amrul, merupakan daerah terparah yang diterjang hujan debu vulkanik, namun sejauh ini belum ada perhatian pemerintah seperti pembagian masker dan bantuan lainnya. Bahkan di antara rumah warga rusak disapu banjir lahar dingin.
(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Suami Bunuh Novi di Depan Anak