Hamas Tuntut Pemilu Palestina di Yerusalem Timur

|

Foto : Khaled Meshal & Mahmoud Abbas (euronews)

Hamas Tuntut Pemilu Palestina di Yerusalem Timur

GAZA - Fraksi Hamas menuntut agar pemilihan umum (pemilu) Palestina diselenggarakan di Yerusalem Timur, dan Hamas harus diperbolehkan untuk berpartisipasi.

Pemilu Palestina akan diselenggarakan berdasarkan kesepakatan antara Hamas dan Fatah yang dicapai dua pekan yang lalu di Kairo, Mesir. Pertemuan Pimpinan Hamas dan Fatah di Kairo juga bertujuan untuk merundingkan proses rekonsiliasi antara dua fraksi di Palestina tersebut.

Meski demikian, Israel tampaknya akan menjegal segala macam aktivitas yang diselenggarakan Palestina di Yerusalem Timur. Israel juga akan mencampuri pemilu Palestina dengan menolak partisipasi Hamas dalam pemilu. Demikian seperti diberitakan Haaretz, Kamis (8/12/2011).

Fatah dan Hamas yakin, Israel tidak akan membiarkan Hamas mengikuti pemilu Palestina. Israel sendiri merupakan pihak yang anti-terhadap rekonsiliasi Palestina. Palestina bahkan diancam akan diberikan sanksi oleh Israel bila Hamas dan Fatah melakukan rekonsiliasi.

Israel sejak dulu memang menjadi musuh bebuyutan bagi fraksi Hamas di Palestina. Bagi Hamas, perang melawan Israel merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Hamas sendiri menolak untuk mengakui dan hidup berdampingan dengan negeri Yahudi tersebut.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Swasta Pasti Tertarik dengan Mobil Listrik SMK Muhammadiyah