Rayakan Ultah, Hamas Kobarkan Perang

Foto : Perayaan 24 tahun Hamas (pakistancyberforce)

Rayakan Ultah, Hamas Kobarkan Perang
GAZA - Fraksi Hamas di Jalur Gaza merayakan ulang tahunnya ke 24, mereka pun langsung menegaskan kembali sikapnya yang menolak untuk mengakui Israel.

Puluhan ribu simpatisan Hamas mendengarkan pidato dari pimpinan fraksi yang menguasai Gaza itu, Ismail Haniyeh di panggung besar yang bentuknya menyerupai kapal. Haniyeh pun mengatakan, Hamas tidak akan berhenti untuk melakukan perjuangan.

"Hari ini, kami nyatakan dengan jelas, perlawanan dan perjuangan bersenjata adalah satu-satunya cara untuk memerdekakan tanah Palestina," ujar Haniyeh, seperti dikutip New York Times, Kamis (15/12/2011).

Dirinya juga menyinggung rivalnya, Israel dan juga Otoritas Palestina yang menguasai wilayah Tepi Barat.

Perubahan politik dan munculnya gerakan-gerakan Islam yang terjadi di negara Arab seperti Mesir, Tunisia, dan Libya tampak memperkuat fraksi Hamas yang merupakan kepanjangan tangan dari kelompok Islam, Ikhwanul Muslimin.

Hamas memang memiliki pandangan yang cukup berbeda dengan Otoritas Palestina yang masih membuka kesempatan untuk berdamai dan mengakui Israel. Hamas memandang Israel adalah sekelompok penjajah yang harus di usir dari tanah Palestina.

Israel dikabarkan juga akan membebaskan beberapa orang tahanan Palestina pada Minggu mendatang, sebagai bentuk kesepakatannya dengan fraksi Hamas. (rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Guru Paksa Siswa Sambut Jokowi