Tragedi Mesuji Lampung Terjadi Sejak 1996

|

Tragedi Mesuji Lampung Terjadi Sejak 1996

JAKARTA- Kasus pertikaian berujung maut warga Kabupaten Mesuji, Lampung sudah terjadi sejak tahun 1996. Kasus ini murni berlatar sengketa lahan warga dengan perusahaan.

"Dari 1996 itu pernah dilaporkan kemana-mana di Mesuji, Kabupaten Lampung. Tapi kan mungkin karena sekarang ada ini jadi momennya naik," ujar perwakilan LSM Lampung, sekaligus advokat warga Mesuji, Dedy Mawardi di Kantor Kemenkum HAM, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2011).

Ditegaskannya, meski dalam video yang beredar terkesan mengerikan, kasus ini dikatakan Dedy, murni dilatari sengketa lahan. "Tapi itu murni konflik sengketa tanah, enggak ada yang lain, itu sengketa tanah yang berimbas pada tindak kriminal," ujarnya.

Dijelaskannya, sengketa tanah antara warga melibatkan pihak perusahaan Inhutani di register 45 dan BSMI di Mesuji. Mengenai dugaan pelanggaran HAM, pihaknya menyerahkan kepada aparat penegak hukum. "Itu ke Komnas terkait penyelidikan dan penyidikan, juga ke Kepolisian, itu sudah kami serahkan," imbuhnya.

Dia kembali membantah jika korban tewas mencapai 30 orang. "Itu yang mau kita klarifikasi di lapangan, kami yang disana tidak merasa ada 30 orang yang mati. Kalau pembunuhan itu ada, itu yang sudah ditangani kepolisian," pungkas Dedy.

(ugo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Hujan Akan Mengguyur Jakarta Siang Ini