Ikhwanul Muslimin: Hamas Panutan Kami

|

Foto : Pemimpin Hamas berkunjung ke Kairo (AP)

Ikhwanul Muslimin: Hamas Panutan Kami

KAIRO - Hamas mendapat sambutan yang hangat saat mengadakan lawatan ke markas Ikhwanul Muslimin di Kairo, Mesir. Para Ikhwan bahkan mengatakan, Hamas adalah panutannya.

"Yang mulia Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan para delegasinya, selamat datang di kantor kami, para anggota Ikhwanul Muslimin selalu memberikan perhatiannya terhadap isu Palestina," ujar Pimpinan Ikhwanul Muslimin di Mesir Mohammed Badie, seperti dikutip Reuters, Selasa (27/12/2011).

Bersamaan dengan itu, Badie juga mengatakan, Hamas selama ini menjadi panutan bagi Ikhwanul Muslimin. Badie juga memuji sikap Hamas yang akan melakukan rekonsiliasi dengan Fatah.

Sementara itu, Haniyeh mengatakan, berdirinya Hamas di samping para Ikhwan akan mengancam Israel, Haniyeh juga tetap menegaskan sikapnya yang tidak mau mengakui Israel. Setelah berkunjung ke Mesir, Haniyeh juga akan segera mengunjungi Tunisia, Bahrain, Sudan, Qatar, Arab Saudi, dan Turki.

Namun, ada pula laporan yang menyebutkan, Haniyeh akan segera ke Benghazi untuk berdialog dengan Pemerintah Libya yang baru.

Salah satu tujuan dari lawatan itu adalah membangun hubungan antara Palestina dan negara-negara Arab lainnya.

Hamas yang merupakan kepanjangan tangan dari Ikhwanul Muslimin masih dianggap sebagai teroris oleh Israel, Amerika Serikat (AS), dan Uni Eropa. Israel bahkan tidak berniat untuk melanjutkan dialognya dengan Palestina karena adanya proses rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah. Belakangan ini, Israel juga tampak mengkhawatirkan meningkatnya dukungan terhadap para Ikhwan di Mesir karena Ikhwan berpotensial untuk menjadi rival negeri Yahudi itu.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ribuan Umat Kristiani Doakan Penumpang Pesawat Air Asia