Unhas Terima 3.231 Mahasiswa Baru

|

Ilustrasi: ist.

Unhas Terima 3.231 Mahasiswa Baru

MAKASSAR – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk jalur umum baru akan dibuka April mendatang. Total jumlah mahasiswa baru yang akan diterima khusus di Universitas Hasanuddin (Unhas) sekira 3.231 orang.

Kepala Bagian Humas Unhas Dahlan Abubakar mengungkapkan, kuota penerimaan mahasiswa baru disesuaikan dengan kebutuhan fakultas. Dahlan memprediksi, kuota SNMPTN untuk jalur umum tidak akan jauh beda dengan penerimaan 2011 lalu yakni pada kisaran 3.231 orang.

"Penerimaan mahasiswa baru untuk Unhas, kemungkinan tidak akan jauh beda dengan kuota yang disiapkan tahun lalu. Mahasiswa yang diterima akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing fakultas," kata Dahlan, kemarin.

Dahlan mengungkapkan, di Unhas ada 13 fakultas di antaranya, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

"Tetapi panitia baru akan rapat tanggal 19 Februari mendatang, dengan tiga PTN. Jadi kemungkinan kuota akan sedikit berubah namun tidak jauh beda dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Lebih lanjut Dahlan menjelaskan, pada 2011 lalu, Unhas menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tulis sebanyak 3.231 orang, jalur Undangan 930 orang, serta jalur penelusuran potensi belajar (JPPB) 417 orang.

Perbandingan tahun lalu untuk fakultas kedokteran kuota di kisaran 125 kursi, FKM 174 kursi, fakultas hukum sebanyak 220 kursi, fakultas ekonomi 40 kursi, manajemen 75 kursi, teknik informatika 40 kursi,  farmasi 45 kursi, keperawatan 40 kursi, kedokteran gigi 46 kursi, dan beberapa fakultas lainnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain SNMPTN, menurut Dahlan sama seperti tahun lalu Unhas membuka jalur undangan. Melalui jalur ini, siswa berprestasi diminta untuk memasukkan berkasnya, untuk siswa berprestasi ini kuotanya sekira 292 orang.

Namun merujuk pada tahun lalu jumlah pendaftar di jalur ini mencapai angka 900 orang. Unhas juga membuka kesempatan bagi siswa melalui Jalur Penelusuran Potensi Belajar (JPPB). (andi amriani/koran si)

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Belasan Rumah di Belakang Tamini Square Terbakar