Turki: Rusia Sudah Mempersenjatai Suriah

|

Ilustrasi : talktalk

Turki: Rusia Sudah Mempersenjatai Suriah

ANKARA - Turki menerima kabar bahwa kapal Rusia yang membawa ribuan persenjataan sudah tiba di Suriah. Transaksi senjata itu dinilai sebagai perdagangan yang terlarang karena Uni Eropa sudah memberlakukan larangan pendistribusian senjata ke Suriah.

Angkatan Laut Turki melaporkan, kapal Rusia yang membawa persenjataan sudah berlabuh di Pelabuhan Tartus, Suriah pada Kamis kemarin. Kapal itu diduga merupakan milik perusahaan Westberg Ltd di St Petersburg, Rusia.

Kapal itu dikabarkan juga menurunkan jangkarnya di Pelabuhan Limassol, Siprus karena adanya gelombang laut yang cukup tinggi. Para otoritas Siprus juga semakin bertanya-tanya dan ingin memeriksa kargo kapal tersebut. Demikian seperti diberitakan Huriyet, Jumat (13/1/2012).

Menurut Kementerian Luar Negeri Siprus juga mengklaim kapal itu membawa peralatan berbahaya dalam kargonya. Pihak pemilik kapal tersebut juga tidak menjawab panggilan telepon dari Kementerian Luar Negeri Siprus.

Turki mengikuti langkah Uni Eropa yang memberlakukan embargo persenjataan ke Suriah. Turki juga merupakan negara yang cukup vokal dalam mengecam aksi kekerasan di Suriah.

Seorang pejabat Rusia menilai, Barat memang mempersiapkan skenario perang Libya untuk Suriah. Dalam hal ini, Turki pun dikabarkan akan memberlakukan zona larangan terbang ke Suriah untuk menyelamatkan para pembelot Suriah. Rusia juga memprediksikan, bila memang perang Suriah pecah, Turkilah negara pertama yang menginvasi Suriah.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pemeran Video "PNS Pemkot Bandung" Polisikan Mantan Suami