AL AS Kembali Selamatkan Nelayan Iran

|

Foto france24

AL AS Kembali Selamatkan Nelayan Iran

MUSKAT - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) mengumumkan, pihaknya telah memimpin operasi penyelamatan untuk membantu nelayan Iran yang tengah berada di Teluk Oman.

Operasi penyelamatan oleh AL AS ini merupakan yang ketiga kalinya ditengah meningkatnya ketegangan hubungan antara Washington dan Teheran.

Menurut AL AS, sebelumnya sebuah helikopter jenis Seahawk dari kapal induk USS Dewey yang tengah berpatroli menyaksikan sebuah perahu milik nelayan Iran tenggelam di kawasan Teluk Oman.

Dalam insiden itu seorang nelayan Iran terlihat tengah terombang ambing di lautan, sementara beberapa nelayan lain berusaha menolongnya. Setelah berkoordinasi dengan kapten kapal, maka tim penyelamat pun diturunkan.

"Setelah kami berbicara dengan kapten mereka, jelas bahwa mereka membutuhkan makanan dan air," ujar pemimpin tim penyelamat AL AS Letnan Jason Dawson seperti dikutip AFP, Kamis, (19/1/2012).

Tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh pasukan AL AS ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya 7 Januari lalu, kapal induk milik AS juga berhasil menyelamatkan 13 orang nelayan Iran yang disandera olek pemberontak Somalia.

Operasi penyelamatan kedua dilakukan pada tanggal 11 Januari dimana AL AS menyelamatkan enam awak kapal Iran ketika sebuah kapal kargo tenggelam dibagian utara Teluk Persia.

Ketegangan antara kedua negara semakin meningkat dalam beberapa pekan terakhir setelah Barat menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Iran.

Menanggapi hal itu, Iran mengancam akan menutup Selat Hormuz yang merupakan jalur pelayaran utama migas dunia. Khawatir dengan ancaman Iran, AS menempatkan kapal induk USS Dewey untuk melindungi kawasan itu.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Perampok Bersenpi Gasak Cabai 700 Kg