Ormas Nasdem Bagikan 6 Juta Bibit Singkong Emas

|

Surya Paloh

Ormas Nasdem Bagikan 6 Juta Bibit Singkong Emas
BANDUNG BARAT- Ormas Nasional Demokrat (Nasdem) membangun kemitraan dengan petani dengan membagikan 6 juta bibit singkong emas untuk disebar di Jawa Barat.

Pemberian bibit singkong varietas unggul ini dilakukan oleh Ketua Umum Ormas Nasdem Surya Paloh di Lapangan Pagermanah, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Senin (30/1/2012). 

Surya Paloh mengatakan jika kegiatan pemberdayaan petani di bidang agraria di Jawa Barat ini akan menjadi pilot project. Gerakan kemitraan nasional ini berusaha dan berjuang bersama petani untuk membangun ekonomi kerakyatan. Ditargetkan di Jawa Barat ini akan ditanam singkong seluas 2.000 hektar dan saat ini sudah tertanam 632 hektar.

Program berikutnya akan di lanjutkan di Kudus, Jawa Tengah namun dengan produk yang berbeda yaitu tanaman jagung.  "Sektor agraria dan maritim di negeri ini masih belum tergarap dengan baik yang mengakibatkan bangsa ini belum jaya di pertanian, laut, apalagi di sektor industri," tegasnya. 

Menurutnya, keberhasilan di sektor agraris akan menjadikan bangsa ini memiliki kekuatan di sektor industri. Sayangnya, apa yang saat ini terjadi banyak produk-produk pertanian seperti cabe, bawang, beras, ikan, gandum, dan produk lainnya yang justru di import. Akibatnya petani di negeri ini mengalami demoralisasi dan tidak ada kebanggaan terhadap profesi petani, lahan pertanian semakin berkurang, dan kemiskinan semakin bertambah.  
 
"Kami berharap apa yang kami lakukan bisa ditiru oleh ormas-ormas lainnya serta didukung oleh kebijakan pemerintah. Sayang jika negeri yang begini subur tidak termanfaatkan hanya karena pemerintahnya tidak mendukung," sambungnya.

Ketua Garda Pemuda Nasional Demokrat Jawa Barat S. Adibrata mengatakan jika program penanaman singkong secara masal ini di 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat. Hingga saat ini sudah tertanam sebanyak 620 hektar seperti di Sukabumi, Garut, Banjar, dan 120 hektar lainnya masuk daftar tunggu untuk segera ditanami singkong. Varietas singkong yang ditanam ini adalah bibit unggul yang dalam 6 bulan bisa dipanen dengan hasil dari 1 hektar lahan bisa dipanen 200 ton singkong.
 
"Selain memberikan benih bibit singkong, kami juga memberikan pembekalan ilmu pertanian, serta menjamin hasil panen petani akan dibeli untuk diolah menjadi tapioka, terigu, kerosin," ujarnya.
(ugo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pemilihan Ban yang Tepat Dapat Menentukan Kenyamanan