Apa Untung-Rugi Jadi Mahasiswa UT?

|

Foto : Universitas Terbuka/Margaret Puspitarini-okezone

Apa Untung-Rugi Jadi Mahasiswa UT?

JAKARTA - Waktu yang terbatas terkadang menjadi alasan bagi seseorang untuk tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Sebut saja profesi sebagai pilot, pramugari, maupun pelaut. Mereka mengalami kesulitan untuk menghadiri perkuliahan karena pekerjaan mereka menuntut waktu yang tidak fleksibel.

Namun, kini mereka tidak perlu lagi merasa bingung. Universitas Terbuka (UT) dapat menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang memiliki waktu terbatas tapi ingin tetap melanjutkan kuliah.

Hal ini diungkapkan Pembantu Rektor IV UT Mohamad Yunus kepada okezone di Kampus UT, Pondok Cabe, baru-baru ini. "Mereka yang tidak dapat menghadiri pertemuan tatap muka dengan tutorial, dapat menggantinya dengan tutorial secara online," ujar Yunus.

Sebenarnya apa itu tutorial baik pertemuan tatap muka maupun online?

"Tutorial ini berfungsi sebagai layanan belajar. Jadi ketika mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami modul yang diberikan, maka mereka dapat memanfaatkan tutorial ini, baik online maupun tatap muka," kata Yunus.

Dia mengungkapkan, pemilihan dua jenis tutorial ini menjadi pilihan mahasiswa. "Tutorial ini terjadwal sebanyak delapan kali pertemuan baik online maupun tatap muka langsung. Mahasiswa bebas memilih tutorial yang akan mereka ikuti," ujarnya menambahkan.

Apa perbedaan tutorial ini dengan pertemuan tatap muka yang berlangsung di kampus lainnya?

Yunus menuturkan, terdapat dua perbedaan mendasar tutorial ini dengan pertemuan tatap muka di kampus pada umumnya, yakni durasi pertemuan serta proses pengajaran yang berlangsung ketika pertemuan tersebut.

"Total pertemuan tutorial ini adalah delapan kali. Lebih sedikit dibandingkan di kampus biasa sebanyak 16 kali. Selain itu, saat pertemuan, mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada sang tutor, bukan tutor yang memberikan materi," ujar Yunus.

Apakah boleh mahasiswa UT tidak mengikuti tutorial? Adakah sanksi yang diberikan jika tidak menghadiri tutorial?

"Ada beberapa mahasiswa yang merasa tidak membutuhkan tutorial dan itu tidak menjadi masalah. Hanya saja, ketika mengikuti tutorial mereka bisa menabung nilai sebesar 50 persen melalui tugas-tugas yang diberikan oleh tutor, sementara ketika memilih tidak mengikuti tutorial, nilai mahasiswa tersebut murni berdasarkan nilai Ujian Akhir Semester (UAS)," tutur Yunus.

Lalu, bagaimana bentuk UAS yang berlangsung di UT?

Yunus menjelaskan, mahasiswa yang akan mengikuti UAS cukup mengunduh form ujian dari laman kampus. Kemudian, mereka mendatangi kantor cabang UT yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia untuk mengisi mata kuliah yang akan diujikan. Selanjutnya, mereka harus membayar tagihan yang diberikan melalui bank.

Untuk mata kuliah yang mengharuskan praktikum, kata Yunus, ujian praktik dilakukan secara tatap muka. "Kami bekerja sama dengan universitas di daerah tersebut ketika melaksanakan ujian praktik. Misalnya di Bogor kami bekerja sama dengan Universitas Pakuan (Unpak)," katanya menjelaskan.(mrg)

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Demi Uang Rp6.000, Rukmini Harus Angkut Beban 100 Kg