Suriah Rusuh, Istri Presiden Assad Bela Keadaan

|

Asma Al-Assad (menggunakan jaket merah muda) (Foto: Reuters)

Suriah Rusuh, Istri Presiden Assad Bela Keadaan

DAMASKUS - Istri dari Presiden Suriah Bashar Assad membela tindakan keras suaminya untuk pertama kalinya, sejak kerusuhan merebak di Suriah 11 bulan lalu. Dirinya pun mengaku bersimpati dengan keluarga korban kerusuhan ini.

"Presiden (Assad) adalah Presiden Suriah, bukan faksi dari Suriah. Sebagai Ibu Negara, akan selalu mendukung perannya (Assad sebagai Presiden Suriah)," ucap Asma al-Assad lewat e-mail kepada The Times, Selasa (7/2/2012).

E-mail ini adalah komunikasi pertama Asma al-Assad dengan media internasional sejak merebaknya aksi protes menentang rezim Assad dimulai. Asma pun mengaku agenda dirinya saat ini sangat sibuk dalam melakukan kegiatan amal di wilayah miskin Suriah.

"Akhir-akhir Ibu Negara terlibat dalam upaya mendorong dialog. Saya berusaha mendengar dan memperingan beban dari keluarga korban aksi kekerasan," lanjut e-mail dari perempuan kelahiran Inggris tersebut.

Tidak seperti suaminya yang berasal dari kelompok minoritas Alawite, Asma Assad adalah perempuan Muslim Sunni yang berasal dari Kota Homs. Ironi terlihat dari keadaan Homs saat ini, mengingat kota tersebut menjadi salah satu pusat perlawanan rakyat Suriah atas kekuasaan Assad.

Dikenal sebagai sosok yang karismatik dan seorang sosialit Suriah, Asma Assad kerap mempromosikan sisi lembut dari Pemerintahan Assad dibandingkan suaminya yang dikenal memerintah dengan tangan besi.

Sejak kerusuhan pecah di Suriah, Asma praktis tidak pernah lagi tampil di depan publik. Perempuan berusia 36 tahun itu pun dikecam karena sikap diamnya selama ini, di saat rakyat menderita akibat aksi kekerasan. 

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Alat Bukti Tak Kuat, Kasus BISM Bisa Dihentikan