Gagal Tes Bahasa Inggris, Sulastri Bunuh Diri

|

Sulastri (Foto: The Straits Times)

Gagal Tes Bahasa Inggris, Sulastri Bunuh Diri
SINGAPURA - Tahun lalu seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Sulastri ditemukan meninggal di rumah majikannya di Singapura. Hari ini pihak koroner menetapkan bahwa perempuan berusia 26 tahun meninggal karena gantung diri.

Tidak jelas apa penyebab Sulastri melakukan gantung diri. Namun ketika peristiwa ini terendus media setempat, penyelidik memperkirakan Sulastri merasa frustrasi dengan tes bahasa Inggris yang dilakukannya.

Sulastri diketahui sudah melakukan tes sebanyak tiga kali. Selama tiga kali itu Sulastri mengalami kegagalan. Demikian diberitakan the Straits Times, Kamis (9/2/2012).

Kegagalan Sulastri ini berarti diri terpaksa harus dipulangkan ke rumah dan menanggung utang karena biaya yang harus dikeluarkan Pemerintah Singapura. 

Memang saat itu, Pemerintah Singapura menetapkan aturan bahwa setiap pembantu rumah tangga, khususnya pembantu asing harus menguasai bahasa Inggris. 
Mereka pun harus melalui tes sebelum akhirnya bekerja di salah satu rumah tangga di Negeri Singa itu.

Kini dengan kematian Sulastri, Pemerintah Singapura berencana untuk menarik program tersebut. Mereka pun berniat untuk merubahnya dengan program penempatan. 
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pawai Tahun Baru Islam, Siswa di Aceh Bawa 'Senjata'