Inilah Kronologis Tragedi Bus Mira di Ngawi

Senin, 13 Februari 2012 14:10 wib | Nurul Arifin - Okezone

Inilah Kronologis Tragedi Bus Mira di Ngawi Ilustrasi (Foto: Agung Manunggal/okezone) SURABAYA - Dugaan sementara penyebab kecelakaan Bus Mira di Dusun Bulakan, Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, berawal dari kelalaian sopir bus. Hal itu diperoleh dari pemeriksaan sejumlah saksi yang dilakukan oleh polisi.
 
"Namun untuk memastikan penyebab kecelakaan itu tim dari Polda Jatim, Forensik Mabes Polri Cabang Surabaya, Dinas Perhubungan Jatim, dan Polres Ngawi melakukan olah TKP. Informasi awal memang diduga sopir lalai saat mengemudikan bus itu," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Jatim AKBP Ade Safti Simanjuntak kepada okezone, Senin (13/2/2012).
 
Ia mengatakan, kecelakaan yang menewaskan empat orang itu bermula ketika Bus Mira jurusan Surabaya-Yogyakarta melaju dari arah selatan. Sementara dari arah berlawanan melaju Truk trailer dengan Nopol AG 8316 UA yang kemudikan oleh Hardjo (56) warga Lidah Wetan, Surabaya. Di lokasi kejadian, truk trailer hendak masuk gudang di sebelah barat jalan.
 
Agar tidak menabrak truk itu, karena jarak terlalu dekat maka sopir Bus Mira berusaha banting setir ke kanan hingga menabrak pohon di sebelah kanan jalan. Masih kata Ade, pascamenabrak pohon itu, sopir bus berusaha mengembalikan posisi busnya ke jalan utama namun tidak berhasil.
 
"Informasi yang kami terima, sopir bus memang lalai. Sebelum kejadian sempat ngobrol dengan kenek bus," ungkapnya. Polisi juga belum bisa memastikan apakah sopir bus dalam pengaruh minuman keras.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Bus Mira tujuan Surabaya-Yogyakarta menabrak pohon di Desa Tempuran, Kecamatan Geneng, sekira pukul 02.30 WIB. Dari peristiwa itu empat orang tewas dan 28 luka-luka.
(lam)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »