Usai Pengeboman, Israel-Iran Saling Tuding

|

Mobil Kedubes Israel yang dibom (Foto: AP)

Usai Pengeboman, Israel-Iran Saling Tuding

NEW DELHI- Dua bom mengancam kendaraan yang digunakan oleh staf Kedutaan Besar Israel di India dan Georgia. Israel pun menuding Iran dibalik kejadian tersebut, yang tentunya dibantah oleh Iran.

"Iran berada di balik serangan di Kedutaan Israel. Mereka adalah eksportir terorisme di dunia," tuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam Twitter Kementerian Luar Negeri Israel seperti dikutip The Washington Post, Selasa (14/2/2012).

Serangan ini menunjukan peningkatan ketegangan antara Israel dan Iran. Sebelumnya Negeri Paramullah menuduh Israel melakukan pembunuhan terhadap lima orang ahli nuklir mereka. 

Sementara dalam serangan ini empat orang dilaporkan terluka saat bom yang dilekatkan pada kendaraan staf Kedubes Israel di India, meledak. 

Sedangkan bom serupa yang dilekatkan pada mobil staf lokal Kedubes Israel di Tbilisi, Georgia, berhasil dijinakan oleh pihak kepolisian setempat.

Tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut hingga saat ini. Namun, pihak Iran pun dengan lantang menepis anggapan bahwa mereka berada di balik aksi pengeboman tersebut.

"Tuduhan dari rezim zionis ini adalah sebuah perang psikologi yang diarahkan kepada Iran. Pihak rezim zionis, yang seringkali melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan adalah pelaku teroris utama," jelas juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast.

Mehmanparast menambahkan bahwa pengeboman yang terjadi di Kedubes Israel di New Delhi dan Tbilisi dimaksudkan untuk menghancurkan hubungan baik Iran dengan India. 

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tulang Manusia Ditemukan di Kampus Bung Hatta