Satu Lagi Biksu Tibet Bakar Dirinya Sendiri

Biksu Tibet (Foto: Telegraph)

Satu Lagi Biksu Tibet Bakar Dirinya Sendiri
BEIJING - Aksi bakar diri yang dilakukan biksu Tibet seperti tidak akan pernah berhenti. Insiden terbaru dilaporkan di wilayah barat China, saat seorang biksu berusia 19 tahun menyulut api pada tubuhnya sendiri.

Petugas berwenang pun terpaksa memukuli biksu bernama Lobsang Gyatso tersebut, agar api yang ada di tubuhnya padam. Biksu tersebut melakukan aksi bakar dirinya di pinggiran jalan Kota Aba, Senin 13 Februari lalu.

Usai memadamkan api di tubuh Lobsang, polisi pun membawa pergi. Tidak jelas bagaimana kondisinya saat ini. Sementara dua warga Tibet yang mencoba menyelamatkannya pun dipukuli orang polisi. Demikian diberitakan CBS News, Selasa (14/2/2012).

Sebelumnya seorang biksuni berusia 18 tahun nekat membakar dirinya sendiri, juga di wilayah Aba. Perempuan muda yang diketahui bernama Tenzin Choedon, adalah biksuni dari biara Mamae.

Kelompok aktivis Free Tibet mengatakan, biksuni itu tewas setelah membakar dirinya sendiri pada Sabtu pekan lalu. Menurut laporan saksi mata, Choedon meneriakan slogan protes melawan Pemerintah China sebelum menyulut api pada dirinya sendiri. 

Insiden ini menambah daftar deretan biksu, biksuni dan warga Tibet yang melakukan aksi bakar diri menentang Pemerintah China. Sekira 12 pelaku bakar diri ini, diketahui tewas dalam melakukan aksinya.

Sementara Kantor Berita Xinhua melaporkan bahwa Choedon tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit di Chengdu. Namun tidak dijelaskan detil lengkap mengenai kematiannya.
(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ahok: Jadi Presiden Lebih Enak