Israel: Iran Ingin Hidupkan Kembali Kerajaan Persia

|

Wakil PM Israel Silva Shalom (Foto: Al Arabiya)

Israel: Iran Ingin Hidupkan Kembali Kerajaan Persia

TEL AVIV - Wakil Perdana Menteri Israel Silva Shalom mengatakan Iran berambisi untuk menghidupkan kembali kerajaan Persia dan menjadi negara superpower dengan bom nuklirnya.

"Iran ingin mengubah jenis rezim di Timur Tengah, menguasai ladang minyak di kawasan tersebut untuk memperluas kekuasaannya," ujar Wakil Perdana Menteri Israel Silva Shalom usai melakukan pertemuan dengan Sekjen PBB Ban Ki Moon seperti dikutip Associated Press Rabu, (15/2/2012).

Menurut Shalom, Iran percaya dengan mengubah rezim di Timur Tengah, mengontrol kekayaan minyak dan menghasilkan bom nuklir Iran dapat menjadi negara super power.

"Iran percaya bahwa senjata nuklir ibaratnya sebuah polis asuransi untuk menjaga rezim yang berkuasa," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Shalom juga meminta  masyarakat internasional untuk memperkuat sanksi terhadap Iran guna menghentikan program nuklirnya.

Pertemuan Shalom dengan Sekjen PBB Ban Ki Moon berlangsung guna membahas kekerasan yang terus meningkat di Suriah dan kebuntuan dalam upaya penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Dalam kesempatan tersebut Shalom juga memuji langkah yang ditempuh AS dan Uni Eropa yang telah meningkatkan sanksi terhadap Iran.

Namun pernyataan Shalom itu dibantah oleh juru bicara misi Iran untuk PBB Alireza Miryusefi.

"Pernyataan itu adalah omong kosong yang disampaikan oleh rezim yang telah membunuh ribuan orang tidak berdosa di seluruh dunia. Israel adalah sebuah rezim yang unik yang memiliki cadangan senjata nuklir. Rezim ini sedang mengejar kebijakan untuk menciptakan kekisruhan umat Muslim di kawasan ini," ujar juru bicara misi Iran untuk PBB Alireza Miryusefi.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mensos Ingin Pasien Miskin Dilayani