Libya Rayakan Perlawanan Terhadap Khadafi

|

Rakyat Libya rayakan perjuangan (Foto: EPA)

Libya Rayakan Perlawanan Terhadap Khadafi

TRIPOLI - Rakyat Libya merayakan satu tahun pergerakan melawan Moammar Khadafi. Perayaan ini berlangsung meriah dengan  pesta kembang dan disertai teriakan slogan anti Khadafi.

Pemerintah Libya yang saat ini dipegang oleh Dewan Transisi Nasional (NTC) sebenarnya tidak mengorganisir perayaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada para korban yang tewas selama perjuangan tersebut.

Perayaan ini dikabarkan berlangsung tidak hanya di Tripoli, tetapi juga berlangsung di Bengazhi. Wilayah Bengazhi adalah kota dimana perlawanan anti-Khadafi terjadi.

Aksi rakyat ini berlangsung dengan spontan di kota besar seperti juga di Misrata, demi memperingati perlawanan dari kekuasaan Khadafi yang berlangsung selama 42 tahun.

"Saya akan berjuang dengan jiwa dan raga untuk Libya yang baru," ucap anggota militer Libya Mustafa Ahmed Ali seperti dikutip AFP, Jumat (17/2/2012).

"Ikal, kami minta maaf," teriak anak-anak yang menyebut ikal untuk Khadafi. Anak-anak itu juga berpakaian unik seperti Khadafi.

Warga Bengazhi sendiri mengatur agar pihak pemerintah akan datang merayakan peringatan ini. Mereka menunggu kehadiran penguasa baru Libya Mustafa Abdul Jalil, Perdana Menteri sementera Abdel Rahim al-Kib. 

"Kami membuka tangan untuk seluruh warga Libya, meskipun mereka mendukung revolusi atau tidak. Tetapi kondisi saat ini tidak mengartikan bahwa kami saat ini tidak mampu menciptakan kestabilan di negara," jelas Abdel Jalil.

Tetapi satu tahun setelah perlawan berlangsung, Libya memang masih dipenuhi tantangan untuk mengatasi milisi yang melawan pasukan Khadafi. Mereka bermaksud untuk membentuk aturan baru di negara tersebut.

(faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penghina Jokowi Sudah Tanda Tangani Surat Penangguhan Penahanan